Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:36 WIB

Matchday II Grup B Liga Champions Eropa

Dua Gol Messi Bawa Barca Taklukkan Tottenham

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 4 Oktober 2018 | 04:02 WIB

Berita Terkait

Dua Gol Messi Bawa Barca Taklukkan Tottenham
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, London - Barcelona harus bersusah payah meraih kemenangan tipis 4-2 atas Tottenham Hotspur di matchday kedua Liga Champions Eropa.

Dalam laga yang berlangsung di Wembley Stadium, Kamis (4/10/2018) dini hari WIB, Spurs berambisi meraih kemenangan setelah di laga perdana kalah 1-2 dari Inter Milan.

Namun, pendukung The Lily White harus terhenyak di menit kedua setelah Philippe Coutinho mencetak gol pembuka kemenangan Barca.

Lionel Messi melepaskan umpan ciamik ke sisi kiri, di mana Jordi Alba berlari. Hugo Lloris bergerak maju untuk memotong bola, tapi Alba dengan tenang mengoper ke tengah. Bola diterima Philippe Coutinho, yang kemudian menceploskan bola ke dalam gawang.

Setelah gol tersebut Tottenham berusaha bermain agresif untuk mencetak gol balasan. Tuan rumah baru mendapat peluang mencetak gol di menit ke-24. Sepakan Harry Kane masih dengan mudah diantisipasi oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Saat Tottenham perlahan membangun serangan demi serangan, Barca menghancurkan momentum tersebut dengan mencetak gol kedua di menit ke-28. Sepakan Coutinho di sisi kiri kotak penalti sempat diblok, bola liar langsung disambut sepakan voli Ivan Rakitic yang datang dari second line. Skor 0-2 untuk keunggulan Barca.

Spurs mengancam di menit ke-22, Son Heung-min menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpan. Bola sempat membentur Gerard Pique dan hampir saja menyebabkan gol bunuh diri, jika gagal diamankan Ter Stegen.

Lionel Messi melepaskan percobaan di menit ke-37 yang masih tepat mengarah ke Hugo Lloris. Begitu juga sepakan Luis Suarez di masa injury babak pertama yang menghasilkan sepak pojok. Skor 0-2 bertahan hingga jeda.

Tertinggal dua gol di babak pertama, Spurs mencoba bermain lebih agresif di awal babak kedua. Gol Kane di menit ke-52 sempat menghidupkan harapan Spurs. Bergerak di sisi kanan kotak penalti Barca, Kane sempat mengecoh Nelson Semedo sebelum melepaskan sepakan terukur ke tiang jauh yang gagal dijangkau Ter Stegen.

Hanya berjarak empat menit, Barca mampu memperlebar keunggulan menjadi 1-3 berkat gol Messi. Jordi Alba yang masuk ke sisi kanan kotak penalti Spurs melepaskan umpan cut-back, Suarez melakukan gerak tipu yang memberikan ruang kepada Messi untuk membelokkan bola ke sisi kanan bawah gawang Spurs.

Spurs tetap tenang setelah kemasukan gol ketiga, mereka membangun serangan memanfaatkan sisi lebar lapangan. Menit ke-66 publik Wembley Stadium kembali bergemuruh menyambut gol Erik Lamela untuk menjadikan skor 2-3. Sepakan Lamela dari sisi kiri kotak penalti Barca berbelok arah setelah bola membentur tubuh Arthur.

Gol Lamela mengangkat moril pemain Spurs, permainan skuad asuhan Mauricio Pochettino semakin percaya diri menekan Barca. Namun, sampai memasuki menit ke-90 The Lily white gagal mencetak gol lagi.

Sebaliknya, Barca memanfaatkan mengendurnya tekanan Spurs dengan mencetak gol keempat di masa injury. Jordi Alba memulai proses gol, Alba mengarahkan bola ke Suarez yang bergerak di depan kotak penalti Spurs, gerakan tipunya memberikan ruang bebas kepada Messi. Berhadapan satu lawan satu dengan Lloris, Messi dengan mudah mengecohnya. Skor 2-4 untuk kemenangan Barca bertahan hingga usai.

Dengan kemenangan ini Barca berada di peringkat pertama klasemen Grup B dengan nilai enam unggul selisih gol dari Inter Milan di urutan kedua. Sedangkan Spurs di urutan tiga dengan nilai nol.

Susunan Pemain

Tottenham: Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Victor Wanyama (Eric Dier 57'), Harry Winks; Lucas, Erik Lamela (Fernandi Llorente 79'), Son Heung-Min (Moussa Sissoko 66'); Harry Kane

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal 87'), Sergio Busquets (Thomas Vermaelen 90'), Ivan Rakitic; Lionel Messi, Philippe Coutinho (Rafinha 83'), Luis Suarez

Komentar

Embed Widget
x