Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 11:49 WIB

Piala Asia U-19 2018

Indonesia Lagi-lagi di Ambang Lolos Piala Dunia

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:06 WIB

Berita Terkait

Indonesia Lagi-lagi di Ambang Lolos Piala Dunia
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia kelompok umur lagi-lagi berpeluang lolos ke Piala Dunia, kali ini timnas Indonesia U-19. Di perempatfinal Piala Asia U-19, Indonesia diharapkan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Awal September lalu, timnas Indonesia U-16 yang berstatus juara Piala AFF U-16 2018 tampil apik sepanjang fase grup Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Bagus Kahfi dan kawan-kawan mampu menyandang juara grup hasil dari sekali menang serta dua kali imbang, menariknya kemenangan Indonesia diraih atas tim kuat Iran U-16 dengan skor 2-0.

Melaju ke babak perempatfinal, Indonesia cuma butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke semifinal sekaligus mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Sayang, Indonesia U-16 harus mengubur impian tersebut setelah mereka dikandaskan Australia U-16 dengan skor 3-2 dalam pertandingan yang berjalan sengit tersebut. Indonesia sempat unggul 1-0 di babak pertama, namun Australia membalikkan kedudukan jadi 3-1 sebelum akhirnya ditipiskan berkat gol Randy Juliansyah di masa injury.

Sebulan berselang, giliran timnas Indonesia U-19 yang selangkah lagi ke ajang Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan melaju dari fase grup sebagai runner-up dengan nilai enam, unggul head-to-head dari Uni Emirat Arab U-19 yang mereka kalahkan 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam kemarin.

Di babak perempatfinal, Indonesia akan jumpa sang juara bertahan, Jepang U-19. Meskipun baru akan memainkan laga terakhir fase grup petang nanti, tim Samurai Biru muda punya keunggulan poin dan selisih gol yang sulit dilewati tiga negara lainnya.

Melaju ke fase knockout, Indra Sjafri melihat timnya belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Menghadapi tim kuat Jepang U-19, ia meyakini para pemainnya semakin termotivasi menampilkan performa paling baik guna menembus Piala Dunia U-20.

"Yang paling penting adalah penampilan tadi (1-0 vs Uni Emirat Arab U-19) belum terbaik, saya inginnya nanti peak performance di perempatfinal di tanggal 28 (Oktober)," kata Indra Sjafri dalam jumpa pers.

Bagi Indra Sjafri capaian timnas Indonesia U-19 tahun ini menebus kegagalan pada 2014 lalu. Saat itu, Indonesia U-19 yang menyandang status juara Piala AFF 2013 terpuruk di fase grup Piala Asia U-19 2014, Evan Dimas dan kawan-kawan tak sekalipun meraih kemenangan dari tiga pertandingan serta hanya bisa mencetak dua gol.

Berpeluang menorehkan sejarah di level turnamen kelompok umur, Indra Sjafri tak ingin sesumbar. Ia menyebut yang terpenting adalah bagaimana timnya bisa berjuang nanti di perempatfinal yang akan kembali digelar di SUGBK, Minggu (28/10/2018) malam WIB.

"Dan mudah-mudahan atas izin Allah kita bisa wujudkan cita-cita bangsa kita," ia menutup.

Komentar

Embed Widget
x