Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 19:52 WIB

Perempatfinal Piala Asia U-19 2018

Jepang Cegah Indonesia ke Piala Dunia U-20

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 28 Oktober 2018 | 21:42 WIB

Berita Terkait

Jepang Cegah Indonesia ke Piala Dunia U-20
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Jepang U-19 dengan skor 0-2 di babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Hasil ini memupus impian Indonesia meraih tiket ke Piala Dunia U-20 2019.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (28/10/2018) malam WIB, Indonesia menerapkan pola 5-3-2 dengan menempatkan Hanis Saghara dan Witan Sulaeman di lini depan.

Indra Sjafri tak menurunkan Egy Maulana Vikri yang mengalami masalah di kakinya saat mengalahkan Uni Emirat Arab U-19. Sedangkan untuk mengisi pos Nurhidayat Haji Haris yang absen karena mendapat kartu merah, pelatih menurunkan Kadek Raditya.

Jepang berusaha mendominasi pertandingan sejak awal laga. Instruksi pelatih untuk melakukan pressing ketat kepada pemain Jepang yang mengusai bola membuat tim Samurai Biru muda kerap kesulitan melakukan kombinasi permainan.

Takefusa Kubo menjadi pemain yang paling sering melakukan penetrasi ke area pertahanan Indonesia. Namun, belum banyak kesempatan yang ia peroleh sampai menit ke-20.

Indonesia yang mengandalkan serangan balik, kerap dengan mudah dipatahkan serangannya.

Peluang terbaik Indonesia didapat Saddil Ramdani di menit ke-36. Witan Sulaeman mendapat ruang di depan kotak penalti Jepang. Ia memilih memberikan umpan kepada Saddil yang berlari di sisi kiri kotak penalti, dengan sekali kontrol Saddil melepaskan sepakan kaki kanan yang masih menyamping gawang.

Upaya Jepang membongkar barisan bertahan Indonesia membuahkan hasil di menit ke-40. Higashi Shunki yang berdiri bebas dari jarak 18 meter melepaskan sepakan kaki kiri keras yang tepat bersarang di sisi pojok kiri atas gawang M. Riyandi.

Indonesia sebenarnya punya kesempatan menyamakan skor jelang turun minum, umpan tendangan bebas Saddil telat disambut Syahrian Abimanyu di sisi kanan kotak penalti Jepang. Skor 0-1 menutup babak pertama.

Hujan mulai turun di babak kedua, Indonesia berani keluar menyerang Jepang di menit-menit awal. Lutfi Kamal melepaskan ancaman di menit ke-51, sepakannya dari luar kotak penalti masih menyamping.

Enam menit berselang, Jepang yang mengandalkan serangan balik cepat hampir membobol gawang Indonesia. Sepakan keras Kanya Fujimoto masih bisa diblok Riyandi.

Indonesia kembali mengancam, lagi-lagi umpan Saddil gagal dijangkau Syahrian. Begitu juga sontekan Witan meneruskan umpan Saddil masih bisa diamankan kiper lawan.

Asik menyerang, Indonesia kerepotan mendapat serangan balik Jepang di menit ke-70 yang berujung gol. Berawal dari penetrasi Kubo di sisi kiri kotak penalti Indonesia, ia melepaskan umpan terukur yang mampu dikontrol Hiroki Ito. Dengan tenang Ito melepaskan sepakan terukur ke tiang jauh yang gagal diamankan Riyandi. Skor 2-0 bagi Jepang.

Tertinggal dua gol, Indonesia tak patah arang. Mereka terus berusaha memecah kebuntuan. Sepakan bebas Saddil dari depan kotak penalti Jepang masih bisa ditepis kiper Jepang.

Sampai peluit panjang berbunyi, skor 2-0 bagi kemenangan Jepang tak berubah. Tim Samurai Biru muda melangkah ke semifinal, sedangkan Indonesia harus memupus impian tampil di Piala Dunia U-20 2019.

Susunan Pemain:

Timnas U-19 Indonesia (5-3-2): 1-Muhammad Riyandi; 3-Asnawi Mangkualam Bahar, 2-Kadek Raditya Maheswara, 13-Rachmat Irianto, 18-Indra Mustafa, 11-Firza Andika; 17-Syahrian Abimanyu, 7-Muhammad Luthfi Kamal, 8-Witan Sulaeman; 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara

Jepang U-19 (4-4-2): 12-Kosei Tani, 2-Higashi Shunki, 3-Kobayashi Yuki, 15-Ayumu Seko, 4-Daiki Hashioka, 5-Yukinari Sugawara; 6-Saito Mitsuki, 7-Hiroki Ito, 8-Kanya Fujimoto, 10-Hiroki Abe; 20-Miyashiro Taisei, 9-Takefusa Kubo

Komentar

Embed Widget
x