Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 11:50 WIB

Perempatfinal Piala Asia U-19 2018

Permainan Indonesia Sempat Bikin Jepang Khawatir

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 29 Oktober 2018 | 07:10 WIB

Berita Terkait

Permainan Indonesia Sempat Bikin Jepang Khawatir
(Foto: Twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 bermain defensif di babak pertama. Namun demikian, ada sejumlah momen yang membuat pelatih Jepang, Masanaga Kageyama, khawatir menghadapi permainan Indonesia.

Dalam pertandingan perempatfinal Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam WIB, Jepang yang bermain agresif dibuat kesulitan menembus pertahanan solid Indonesia.

Ini tak lepas dari skema 5-3-2 yang diterapkan Indra Sjafri dengan memainkan lima bek, ditambah dua gelandang bertahan Lutfi Kamal dan Syahrian Abimanyu.

Jepang baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-40 berkat tendangan jarak jauh Shunki Hagashi. Di babak kedua, Indonesia lebih berani tampil menyerang, setidaknya ada dua shots on target, salah satunya sepakan bebas Saddil Ramdani yang diblok kiper lawan.

Beberapa kali alur serangan Indonesia dari sisi sayap kanan dan kiri lewat kecepatan Firza Andika serta Asnawi Mangkualam mampu merepotkan barisan belakang Jepang.

Kendati demikian, Indonesia tetap harus mengakui keunggulan Jepang di menit ke-70 setelah mereka mencetak gol kedua berkat aksi Hiroki Ito menerima assist Takefusa Kubo.

Dalam jumpa pers usai pertandingan, Kageyama mengakui tak kaget melihat permainan defensif Indonesia, ia memuji skil individu pemain Indonesia.

"Saya tidak terkejut, setelah kick-off kami sadar bahwa Indonesia memainkan lima bek dan empat gelandang. Sebelumnya pun ada beberapa tim yang begitu karena tidak ingin dibobol banyak oleh kami," kata Kageyama.

"Tapi setelah kebobolan pasti mereka akan lebih agresif. Pada babak kedua, begitu banyak pemain Indonesia yang menampilkan dribel bagus, mereka memiliki pemain yang punya dribel bagus dan kecepatan tinggi, hal itu sebenarnya menjadi kekhawatiran saya."

"Kami, Jepang sangat bisa bermain bagus dengan operan-operan, tapi Indonesia punya pemain yang bisa melakukan satu-dua dan melakukan dribel yang bisa jadi kelemahan kami," ia memungkasi.

Dengan hasil tersebut, Jepang melaju ke semifinal dalam upaya mereka mempertahankan gelar juara. Sedangkan Indonesia harus mengubur impian bermain di Piala Dunia U-20 2019.

Komentar

Embed Widget
x