Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 05:19 WIB

Gol Lacazette Gagalkan Kemenangan Liverpool

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 4 November 2018 | 02:30 WIB

Berita Terkait

Gol Lacazette Gagalkan Kemenangan Liverpool
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, London - Liverpool dan Arsenal harus puas berbagi angka setelah keduanya bermain imbang 1-1 di pekan ke-11 Liga Premier Inggris 2018-19.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (4/11/2018) dini hari WIB, Arsenal mendominasi ball possession dengan 60 persen berbanding 40 persen yang dilakukan tim tamu.

The Gunners tercatat melepaskan tujuh percobaan dengan tiga diantaranya mengarah ke gawang, sedangkan Si Merah lebih efisien dalam memanfaatkan peluang. Dari tiga shots on goal, satu diantaranya berujung gol.

Arsenal langsung menggenjot pertahanan Liverpool sejak menit-menit awal. Pertandingan baru berjalan empat menit sepakan Alexandre Lacazette memaksa Alisson Becker melakukan penyelamatan gemilang.

The Gunners masih belum memberikan kesempatan kepada lawan keluar dari tekanan, menit ke-14 umpan terobosan Granit Xhaka disambut sepakan Pierre-Emerick Aubameyang yang masih melebar.

Alisson lagi-lagi harus berjibaku mencegah gawangnya dari kemasukan, di menit ke-16 ia mampu mengamankan umpan silang dari sisi kiri yang mengarah ke Henrikh Mkhitaryan.

Liverpool baru bisa keluar dari tekanan selepas menit ke-18. Peluang pertama didapat Firmino, sontekannya menghantam tiang dekat, bola muntah langsung disambar Sadio Mane. Tetapi, wasit menyatakan gol tersebut tidak sah karena Mane terlebih dulu dalam posisi offside.

Menit ke-23, umpan panjang Mohamed Salah ke area penalti mampu dikontrol dengan baik oleh Virgil van Dijk yang melakukan overlap. Berhadapan dengan Bernd Leno, sepakan Van Dijk masih bisa diamankan kiper Jerman tersebut.

Longgarnya barisan gelandang bertahan Liverpool membuat Arsenal nyaman melakukan serangan dari lini tengah. Menit ke-39 Lacazette menebar ancaman tetapi upayanya masin melenceng tipis dari gawang.

Meriam London bahkan sempat mencetak gol di menit ke-40, Lacazette meneruskan bola umpan dari Skhodran Mustafi tapi dianulir karena terjebak offside.

Peluang terakhir di laga ini jadi milik Liverpool setelah free kick James Milner di menit ke-45 disambut tandukan Van Dijk tapi bola menghantam tiang gawang. Skor 0-0 mengirim kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua, Arsenal masih mengendalikan permainan, peran vital Mesut Ozil sangat terlihat dalam upaya mengalirkan bola ke lini depan.

Sedangkan Liverpool masih terlalu terburu-buru saat melakukan transisi permainan sehingga kerap mudah hilang momentum. Salah yang beroperasi di sisi kanan tak banyak mendapat ruang karena terus dikawal ketat oleh Xhaka.

Selepas menit ke-60, Liverpool mampu mencuri momentum untuk unggul berkat gol James Milner. Memanfaatkan bola liar di dekat area penalti lawan, Milner melepaskan sepakan kaki kanan mendatar yang gagal dibendung bek Arsenal di depan gawang, Liverpool memimpin 1-0.

Pertandingan sempat terhenti beberapa menit setelah terjadi insiden benturan kepala Milner dengan Fabinho. Milner yang sempat mendapat perawatan tim medis mampu melanjutkan pertandingan.

Guna menyegarkan lini serang timnya, Unai Emery melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Aaron Ramsey menggantikan Aubameyang. Pemain timnas Gabon terlihat tak senang diganti, ia menunjukkan raut muka kesal di bangku cadangan.

Pergantian pemain kembali dilakukan Unai Emery, Danny Welbek masuk menggantikan Sead Kalosinac di menit ke-80. Masuknya Welbeck terbilang tepat, alur serangan Arsenal semakin bervariasi.

Upaya Meriam London mencetak gol penyeimbang akhirnya terealisasi di menit ke-82. Berawal dari kejelian Alex Iwobi memberikan umpan tarik kepada Lacazette di area penalti. Nama kedua kemudian sempat mengecoh Alisson, tetapi bolanya menjauh dari gawang. Dari sudut sempit, Lacazette masih bisa mengarahkan bola ke tiang jauh yang gagal dijangkau Alisson. Skor imbang 1-1.

Gol tersebut membuat Arsenal semakin terlecut membalikkan kedudukan, percobaan Welbeck dari depan kotak penalti masih menyamping. Begitu juga umpan silang Ozil yang masih bisa dijauhkan Hector Bellerin dari area penalti.

Sampai peluit panjang dibunyikan skor imbang 1-1 tak berubah. Dengan hasil ini, Liverpool sementara naik ke posisi teratas klasemen sementara dengan nilai 27 dari 11 pertandingan, sedangkan Arsenal di posisi empat dengan 23 poin.

Posisi Liverpool masih bisa digeser Manchester City yang baru akan bermain menghadapi Southampton, Minggu (4/11/2018) malam WIB.

Susunan pemain

Arsenal: Bernd Leno; Hector Bellerin, Rob Holding, Shkodran Mustafi, Sead Kolasinac (Danny Welbeck 81'); Lucas Torreira, Granit Xhaka; Henrikh Mkhitaryan (Alex Iwobi 68'), Mesut Oezil, Pierre-Emerick Aubameyang (Aaron Ramsey 73'); Alexandre Lacazette.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Joel Matip 90'), Roberto Firmino (Xherdan Shaqiri 80'), Sadio Mane.

Komentar

Embed Widget
x