Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 23:12 WIB

Kejuaraan Futsal AFF 2018

Thailand Kandaskan Indonesia di Semifinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 9 November 2018 | 16:33 WIB

Berita Terkait

Thailand Kandaskan Indonesia di Semifinal
(Foto: Twitter)

INILAHCOM, Yogyakarta - Timnas Futsal Indonesia gagal melaju ke final AFF Futsal Championship 2018 setelah dikalahkan Thailand dengan skor tipis 3-2 lewat babak tambahan waktu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (9/11/2018) siang WIB, Indonesia berusaha bermain menekan sejak awal babak pertama. Baru tiga menit laga bergulir, kapten timnas Indonesia, Sunny Rizky harus ditandu keluar lapangan.

Tak lama berselang, Thailand membuka keunggulan di menit keenam melalui kombinasi permainan pendek. Indonesia yang berupaya mengejar ketertinggalan menaikkan tempo permainan, namun belum membuahkan hasil.

Gawang Indonesia kemasukan gol kedua di menit ke-12, kali ini giliran Apiwat Chaemchareon yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pelatih Kensuke Takahshi berupaya memutus momentum dominasi Thailand dengan meminta time-out, pasalnya Bayu Saptaji dan kawan-kawan sudah membuat lima foul sampai menit ke-15.

Tiga menit penghujung babak pertama, Indonesia sebenarnya punya sejumlah peluang bagus untuk mencetak gol. Namun, kurang tenang dan baiknya pemain Thailand dalam menutup setiap serangan Indonesia membuat tuan rumah gagal mencetak gol di babak pertama.

Tertinggal dua gol, Indonesia kembali mencoba bermain agresif di babak kedua. Hasilnya, Indonesia mampu menipiskan skor di menit ke-22. sepakan keras Andri Setiawan tak mampu dihalau oleh kiper Thailand, Kanison Phoopun.

Indonesia sebenarnya bisa mencetak gol kedua, tetapi wasit menganulirnya karena gawang bergeser dari tempatnya.

Dua menit jelang babak kedua usai, Indonesia memainkan skema power-play. Keputusan tersebut terbukti tepat, Indonesia mendapat penalti setelah Thailand melakukan foul keenam.

Muhammad Subhan Faidasa yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjadikan skor imbang 2-2 dan memaksa laga berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan, laga berjalan ketat, kedua tim saling jual beli serangan. Indonesia setidaknya mendapat dua peluang membentur tiang di ekstra time pertama.

Memasuki babak tambahan waktu kedua, Indonesia mendapat hukuman penalti setelah melakukan pelanggaran yang keenam.

Beruntung, sepakan sang eksekutor, Jetsada Chudech, masih mampu dihalau oleh Nazil.

Petaka menghampiri Indonesia satu menit jelang extra time usai, Keattiyot Chalaemkhet yang mendapat ruang bebas di area kanan setengah lingkaran Indonesia dengan mudah membobol gawang Indonesia. Skor 3-2 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil tersebut, Thailand berhak tampil di babak final Kejuaraan AFF Futsal 2018, sedangkan Indonesia akan tampil di babak perebutan peringkat tiga.

Komentar

Embed Widget
x