Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 20:39 WIB

Keinginan Reus Mainkan Peran Nomor 10 di Timnas

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 16 November 2018 | 02:43 WIB
Keinginan Reus Mainkan Peran Nomor 10 di Timnas
(Foto: espn)

INILAHCOM, Jakarta - Marco Reus menegaskan kesiapannya mengambil alih peran pemain nomor 10 di timnas Jerman setelah Mesut Ozil pensiun.

Ozil memutuskan pensiun setelah kegagalan di Piala Dunia 2018. Pensiunnya gelandang 30 tahun membuat peran pemain nomor 10 di skuad Der Panzer sementara masih kosong.

Sejauh ini, pelatih Joachim Low belum menemukan sosok yang tepat menggantikan peran Ozil. Indikasinya terlihat dari sejumlah laga Tim Panser dimana Low kerap mengubah formasi permainan dari pakem khasnya 4-2-3-1, dengan Ozil sebagai gelandang tengah.

Saat ditahan imbang 0-0 oleh Prancis di laga perdana UEFA Nations League, Low memainkan Leon Goretzka di pos gelandang serang bersama Marco Reus dalam skema false nine.

Bahkan, ketika Jerman menelan kekalahan 1-2 dari Prancis di pertemuan kedua, Low memainkan Timo Werner dan Leroy Sane sebagai pendukung Serge Gnabry sebagai target man dan skema 3-4-2-1. Dalam implementasinya, Sane dan Werner bermain lebih melebar ke sisi sayap.

Reus yang sedang tampil oke bersama Borussia Dortmund musim ini mengincar posisi tersebut. Ia percaya diri bisa bermain maksimal jka bermain di posisi tersebut.

Namun demikian, Reus menilai pantas atau tidaknya ia memainkan peran tersebut tergantung dari sistem permainan yang dirancang pelatih. Apapun keputusan Low, gelandang serang 29 tahun akan menghormatinya.

"Jika saya ingin bermain dengan sangat, sangat baik, dan mencetak banyak gol, cara terbaiknya adalah mendapatkan posisi itu," kata Reus.

"Itu akan selalu tergantung bagaimana sistem di tim nasional. Tapi jelas, jika memainkan saya sebagai playmaker, saya bisa membayangkan dengan baik soal itu an saya akan mencoba menyesuaikan diri dengan posisi itu sebaik mungkin," ia menambahkan. ''

Sejauh ini, Reus sudah mencetak 11 gol dan membuat tujuh assists dari 14 laga bersama Dortmund di semua kompetisi.

Di jeda internasional bulan ini, Jerman akan menghadapi Rusia di laga persahabatan, Jumat (16/11) dan menantang Belanda di UEFA Nations League, Selasa (20/11/2018).

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x