Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 19:16 WIB

Leg II Copa Libertadores Digelar di Tempat Netral

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 28 November 2018 | 03:39 WIB

Berita Terkait

Leg II Copa Libertadores Digelar di Tempat Netral
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Asuncion - Pertandingan leg kedua Copa Libertadores 2018 yang sempat mengalami beberapa kali penundaan dijadwalkan digelar pekan awal Desember di tempat netral.

Leg kedua Copa Libertadores 2018 yang mempertemukan River Plate dan rival abadinya, Boca Juniors, seharusnya berlangsung di River Stadium, Sabtu (24/11/2018) kemarin. Namun, pertandingan terpaksa ditunda setelah bus pemain Boca diserang fans tuan rumah.

Awalnya, pertandingan leg kedua dijadwalkan ulang berlangsung hari Minggu (25/11/2018) kemarin waktu setempat. Kondisi keamanan yang belum sepenuhnya kondusif memaksa Konfederasi Sepakbola Amerika Latin (CONMEBOL) masih menunda kickoff.

Setelah melakukan pertemuan di Asuncion, Paraguay, Selasa (27/11/2018) waktu setempat, CONMEBOL menghasilkan sejumlah keputusan, termasuk bakal memainkan laga tersebut antara tanggal 8 atau 9 Desember di tempat netral.

"Dengan mempertimbangkan aksi kekerasan di Buenos Aires pada 24 November 2018 yang menimbulkan resiko keamanan pada pemain, ofisial, dan fans termasuk tindak kriminal yang sedang diselidiki otoritas Argentina, menjadi pilihan bijak agar tidak menggelar pertandingan di kota tersebut," demikian pernyataan resmi CONMEBOL.

"Guna merampungkan kompetisi Copa Libertadores, CONMEBOL menghasilkan sejumlah poin antara lain: A). Leg kedua akan dimainkan tanggal 8 atau 9 Desember di tempat dan waktu yang ditentukan oleh CONMEBOL. B). CONMEBOL akan menanggung ongkos biaya perjalanan sampai dengan 40 perwakilan klub. C). CONMEBOL akan berkoordinasi dengan pihak keamanan wilayah terkait," lanjut isi pernyataan.

Senin kemarin (26/11/2018) Pemerintah Kota Genoa, Italia, menawarkan sebagai tuan rumah leg kedua Copa Libertadores di Stadion Luigi Ferraris. Tawaran tersebut tak lepas dari kedekatan historis antara Genoa dengan River Plate dan Boca Juniors.

Dalam sejarahnya, kedua klub termashur di Amerika Latin itu didirakan oleh para imigran Italia dari kota Genoa.

Di pertemuan pertama final Copa Libertadores 2018, Boca Juniors ditahan imbang 2-2 oleh River Plate di La Bombanera Stadium.

Sumber: ESPN

Komentar

x