Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 08:42 WIB

Persaingan Grup B dan C Ketat Sampai Akhir

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 29 November 2018 | 06:31 WIB

Berita Terkait

Persaingan Grup B dan C Ketat Sampai Akhir
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Grup B dan C Liga Champions Eropa bakal menyajikan laga seru sampai matchday enam. Masih ada lima tim berebut tiga jatah babak 16 besar, siapa saja mereka?

Grup A-D merampungkan matchday lima, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. Ada lima tim yang sudah memastikan melaju ke babak 16 besar, sedangkan tiga tiket tersisa masih harus diperebutkan sejumlah tim di Grup B dan C di laga keenam pada 11 dan 12 Desember mendatang.

Grup A

Atletico Madrid dan Borussia Dortmund menjadi wakil dari Grup A. Di matchday lima, Atletico sementara masih memimpin klasemen dengan nilai 12 setelah meraih kemenangan 2-0 atas AS Monaco.

Bermain di Wanda Metropolitano Stadium, Atletico membuka keunggulan saat laga baru berjalan dua menit, sepakan Koke dari luar kotak penalti berubah arah setelah mengenai bek lawan.

Gol Antoine Griezmann di menit ke-24 menjadikan skor 2-0. Meski kehilangan Stefan Savic yang menerima kartu merah di menit ke-82, Atletico tetap mampu menjaga keunggulan sampai laga usai.

Di pertandingan lainnya, Dortmund hanya bisa meraih satu poin setelah ditahan imbang Club Brugge di Signal Iduna Park. Dengan hasil tersebut, Die Borussen mengemas nilai 10.


Grup B

Tottenham Hotspur menjaga asa melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Inter Milan 1-0 di Stadion Wembley, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. Spurs harus menunggu sampai menit ke-80 untuk mencetak gol kemenangan, adalah Cristian Eriksen menjadi pahlawan kemenangan The Lily White.

Dengan tambahan tiga poin, Spurs ke posisi dua mengemas nilai tujuh sama dengan Inter tetapi unggul head-to-head. Dengan demikian, perebutan satu tiket tersisa akan berlangsung di matchday keenam, Inter menjamu PSV sedangkan Tottenham bertamu ke Barcelona.

Sementara itu, Barcelona memastikan diri sebagai juara Grup B usai menundukkan PSV Eindhove 2-1 di Philips Stadium. Los Blaugrana unggl dua gol terlebih dulu lewat Lionel Messi (61') dan Gerard Pique (70'). Tuan rumah memperkecil skor lewat Luuk De Jong (83').

Dengan hasil tersebut Barca sudah mengemas 13 poin yang sulit dilewati Spurs dan Inter, sedangkan PSV tersingkir karena baru mengemas satu poin.


Grup C

Sampai matchday lima belum ada satupun klub dari grup ini yang bisa memastikan tiket ke babak 16 besar. Tiga tim, Napoli, Paris Saint-Germain (PSG) dan Liverpool peluangnya sama-sama besar.

Napoli sementara memimpin klasemen dengan nilai sembilan, terbaru mereka menang 3-1 atas Red Star Belgrade di San Paolo Stadium. Tiga gol tuan rumah masing-masing dicetak Marek Hamsik (11') dan Dries Mertens (33', 52'). Red Star membalas satu gol lewat El Fardou Ben Nabouhane (57').

Di pertandingan lainnya, PSG menang tipis 2-1 atas Liverpool di Parc des Princes. Juan Bernat membuka keunggulan tuan rumah di menit ke-13, kemudian diikuti gol Neymar menit ke-37. The Reds menipiskan skor lewat penalti James Milner menit ke-45.

Dengan hasil tersebut PSG naik ke posisi dua dengan mengemas nilai delapan, hanya berselisih satu poin dari Napoli. Sementara Liverpool di posisi tiga mengemas enam poin.

Artinya, siapa yang lolos ke babak 16 besar baru diketahui setelah matchday keenam dimana PSG bertamu ke Red Star sedangkan Liverpool menjamu Napoli.


Grup D

Dua tim di grup ini sudah dipastikan melangkah ke babak 16 besar, FC Porto sebagai juara grup sedangkan Schalke sebagai runner-up.

Kepastian tersebut didapat setelah di matchday lima Porto mampu mengalahkan Schalke 3-1 di Stadion Da Dragao. Tiga gol tuan rumah masing-masing dicetak Eder Militao (52'), Jesus Corona (55') dan Moussa Marega (90'), sedangkan satu gol Schalke dicetak Nabil Bentaleb (pen 89').

Dengan hasil tersebut Porto kini mengemas 13 poin sedangkan Schalke delapan poin.

Di pertandingan lainnya, Lokomotiv Moskow menjaga asa bermain di Liga Europa setelah mengalahkan Galatasaray 2-0. Lokomotiv membuka keunggulan setelah pemain lawan, Ryan Donk, melakukan gol bunuh diri di menit ke-43.

Vladislav Ignatiev menggandakan skor jadi 2-0 di menit ke-54. Dengan raihan tiga poin, Lokomotiv kini mengemas nilai tiga atau hanya berselisih satu poin dari Galatasaray di urutan tiga.

Matchday enam akan mempertemukan Galatasaray dengan FC Porto sedangkan Lokomotiv bertamu ke Schalke.

Komentar

Embed Widget
x