Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 06:22 WIB

Final Copa Libertadores Digelar di Bernabeu

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 30 November 2018 | 10:41 WIB

Berita Terkait

Final Copa Libertadores Digelar di Bernabeu
(Foto: Marca)

INILAHCOM, Asuncion - Leg kedua final Copa Libertadores yang mempertemukan Boca Juniors kontra River Plate tidak akan digelar di Argentina. Stadion Santiago Bernabeu ditunjuk sebagai venue pengganti.

Leg kedua yang harusnya dimainkan di kandang River Plate, Estadio Monumental, Sabtu (24/11/2018) kemarin, terpaksa ditunda karena pertimbangan keamanan. Bahkan, bus skuad Boca Juniors sempat jadi sasaran lemparan benda keras serta flare dari suporter tuan rumah.

Setelah mengadakan pertemuan di Asuncion, Paraguay, awal pekan ini CONMEBOL memutuskan laga kedua final Copa Libertadores 2018 akan dimainkan di luar Argentina pada tanggal 8 atau 9 Desember mendatang.

Poin lainnya hasil pertemuan tersebut adalah menjatuhkan sanksi denda sebesar 400 ribu dollar AS kepada River Plate. Mereka dihukum menggelar dua pertandingan kandang tanpa kehadiran suporter.

Sebelumnya, ada tawaran dari Walikota Genoa untuk menggelar pertandingan tersebut di Stadion Luigi Ferraris. Dalam sejarahnya, baik Boca Juniors maupun River Plate didirikan oleh para imigran dari kota Genoa.

Dilansir dari Marca, CONMEBOL juga punya dua opsi venue lainnya yaitu Stadion Santiago Bernabeu di kota Madrid, serta kota Doha di Qatar.

Pada tanggal 8 atau 9 Desember mendatang, Madrid akan menjalani laga tandang ke Huesca. Artinya, Bernabeu bisa dipakai menggelar pertandingan superclasico Amerika Latin tersebut.

CONMEBOL diklaim lebih milih memainkan leg kedua Copa Libertadores 2018 di Bernabeu ketimbang di Doha, meskipun pemerintah Qatar disebut berani membayar 14 juta Euro plus membiayai akomodasi 40 delegasi per tim agar laga prestis tersebut berlangsung di negara Timur Tengah itu.

"Keputusannya adalah pertandingan akan digelar dengan fans dari kedua tim di Stadion Santiago Bernabeu di kota Madrid," demikian pernyataan Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, Jumat (30/11/2018) dini hari WIB, dilansir dari ESPN.

Presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, menyambut antusias keputusan tersebut. RFEF berjanji bakal memberikan dukungan optimal guna terlaksananya pertandingan akhir Copa Libertadores 2018 itu.

"Ini berita bagus, kami mendapat kepercayaan menggelar pertandingan bersejarah ini dan kami akan berupaya memberikan kondisi optimal agar dunia bisa menikmati pertandingan menarik ini," kata Rubiales.

Menggelar pertandingan di Bernabeu diklaim menambah nilai prestisius karena stadion tersebut merupakan ikon kesuksesan Real Madrid di kancah Eropa dan dunia. Ditambah lagi, Presiden Real Madrid, Florentino Perez, juga punya kedekatan dengan Presiden Boca Junior dan River Plate, Rodolfo D'Onofrio and Daniel Angelici.

Fakta lainnya, ada lebih dari 71 ribu orang Argentina yang bermukim di kota Madrid saat ini.

Di pertemuan pertama yang berlangsung di Stadion La Bombanera, Buenos Aires, Boca ditahan imbang 2-2 oleh River Plate.

Komentar

Embed Widget
x