Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 02:12 WIB

Perempatfinal Coppa Italia 2018-19

Atalanta Singkirkan Juve di Perempatfinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 31 Januari 2019 | 05:34 WIB
Atalanta Singkirkan Juve di Perempatfinal
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Atalanta - Juventus dipastikan tersingkir di perempatfinal Coppa Italia setelah menelan kekalahan 0-3 dari Atalanta.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Atleti Azzurri d'Italia, Kamis (31/1/2019) dini hari WIB, Juve memainkan tim terbaiknya. Di lini depan, Cristiano Ronaldo didampingi Federico Bernadeschi dan Paulo Dybala.

Sedangkan Atalanta yang menerapkan formasi 3-4-1-2 mengandalkan Duvan Zapata dan Josip Ilicic di lini depan. Keduanya disokong Papu Gomez di lini kedua.

Juve sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola 54 persen berbanding 46 persen. Kendati demikian, Atalanta yang lebih banyak mengancam gawang lawan. Ada lima shots on goal dilepaskan tuan rumah, sedangkan Juve hanya sekali melakukan shot on goal.

Atalanta mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Mereka leluasa menekan Juve di 10 menit awal. Tetapi, lini belakang I Bianconeri masih sanggup membendungnya.

Di menit ke-24 gawang Juve dapat ancaman dari Papu Gomez. Sepakannya dari depan gawang I Bianconeri masih bisa diamankan kiper Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-26 dan 27, kedua tim terpaksa melakukan pergantian pemain. Bek Juventus, Giorgio Chiellini, dan penyerang Atalanta, Josip Ilicic, harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera. Mario Pasalic dan Joao Cancelo masuk menggantikan keduanya.

Atalanta membuka keunggulan di menit ke-37, diawali aksi Timothy Castagne yang berhasil merebut bola dari kaki Joao Cancelo. Ia lalu menyerang ruang kosong yang terbuka di lini belakang Juve. Sepakan rendah Castagne gagal diantisipasi Szczesny. 1-0 untuk Atalanta.

Dua menit berselang giliran Duvan Zapata yang mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan kerasnya lagi-lagi gagal dibendung Szczesny.

Tertinggal 2-0 Juve tak diam begitu saja. Sayang, upaya mereka kerap mudah diantisipasi lini belakang Atalanta. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Juve berusaha mengejar ketertinggalan mereka. Upaya Rodrigo Bentacur dari luar kotak penalto masih melambung di atas gawang.

Juve mendapat suntikan tenaga baru dengan masuknya Douglas Costa di menit ke-67. Semenit berselang, I Bianconeri hampir saja mencetak gol setelah terjadi kemelut di depan gawang Atalanta. Sami Khedira mendapat ruang untuk melepaskan sepakan voli, tetapi Etrit Berisha masih sigap menghalaunya.

Duvan Zapata memastikan kemenangan Atalanta setelah golnya di menit ke-85 menjadikan skor 3-0. Berawal dari blunder Matteo De Sciglio membuat penyerang asal Kolombia itu mendapat ruang bebas untuk membobol gawang Szczesny.

Di sisa lima menit injury time, Juve yang mengurung Atalanta tetap saja tak mampu mencetak gol. Skor 3-0 bagi kemenangan Atalanta menutup laga.

Dengan hasil tersebut, Juve sebagai juara bertahan Coppa Italia harus terhenti langkahnya di perempatfinal. Sedangkan Atalanta akan berhadapan dengan Fiorentina di semifinal.

Susunan Pemain

Atalanta (3-4-2-1): Etrit Berisha; Jose Luis Palomino (Andrea Masiello 89'), Rafael Toloi, Berat Djimsiti; Remo Freuler, Hans Hateboer, Marten de Roon (Robin Gosens 90'), Timothy Castagne; Alejandro Gomez, Josip Ilicic (Mario Pasalic 27'); Duvan Zapata.

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio, Alex Sandro, Daniele Rugani, Giorgio Chiellini (Joao Cancelo 27'); Blaise Matuidi, Sami Khedira (Miralem Pjanic 71'), Rodrigo Bentancur; Paulo Dybala (Douglas Costa 61'), Federico Bernardeschi, Cristiano Ronaldo.

Komentar

Embed Widget
x