Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 21:38 WIB

Indra Sjafri : Ujicoba Timnas U-22 Sesuai Kriteria

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 5 Februari 2019 | 19:04 WIB

Berita Terkait

Indra Sjafri : Ujicoba Timnas U-22 Sesuai Kriteria
Indra Sjafri - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 hanya beruji coba melawan tim lokal jelang berlaga di Piala AFF U-22. Indra Sjafri tak mempermasalahkannya, ia menyebut lawannya sudah sesuai dengan kriteria.

Timnas Indonesia U-22 akan menjalani dua laga ujicoba melawan tim Liga 1 dalam rangkaian persiapan jelang Piala AFF U-22. Pertama Timnas U-22 bakal menjajal kekuatan Bhayangkara FC di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (6/2/2019) besok. Kemudian jumpa Arema FC di Stadion Kanjuruhan pada 10 Februari mendatang.

Indra menjelaskan, pemilihan lawan ujicoba dari tim lokal didasarkan pada sejumlah aspek yang ingin dicapai, salah satunya adalah mentalitas pemain saat menghadapi tim dengan dukungan penuh suporter. Hal ini dinilai penting karena Indonesia U-22 akan jumpa tuan rumah Kamboja di fase grup.

"Dan untuk uji coba itu pun dibagi tiga, ada dengan tim yang lemah, sepadan atau tim yang lebih kuat atau umurnya yang lebih dari kita. Kita memilih dua uji coba, satu dengan Bhayangkara FC, kita tahu Bhayangkara pernah juara Liga 1 dan tim yang berkualitas," kata Indra kepada wartawan, Selasa (5/2/2019) sore WIB.

"Dan juga yang kedua kita memilih Arema tanggal 10 nanti karena mereka punya suporter yang banyak, kita ingin juga bagaimana pemain bermain di situasi suporter yang banyak. Jadi mudah-mudahan dua ini cukup untuk menjadi evaluasi kita," ia menambahkan.

Indra tak mempermasalahkan timnya tidak beruji coba dengan tim dari luar negeri. Ia membantah mepetnya persiapan menjadi penyebabnya. Timnas Indonesia U-22 memulai pemusatan latihan sejak awal Januari lalu. Sedangkan kickoff Piala AFF U-22 pada tanggal 17 Februari 2019.

"Jangan juga dipersoalkan kenapa tidak internasional ya, yang penting bagi kami bisa melakukan ujicoba dan ujicoba itu sesuai dengan tujuan kami," lanjut juru taktik asal Sumatera Barat.

"Ini yang harus dipahami, dalam mempersiapkan suatu tim, kita pasti membuat suatu periodisasi persiapan. Dalam periodisasi persiapan itu ada tahapannya, tak mungkin tiga hari setelah latihan kita uji coba, jadi ada persiapannya."

"Ada masuk pra-kompetisi, dimana uji coba itu dilakukan adalah di masa-masa pra-kompetisi. Jadi bukan terlambat, pas waktunya," ia memungkasi.[rza]

Komentar

Embed Widget
x