Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Maret 2019 | 06:50 WIB

UEFA Punya Aturan Khusus bagi MU di Perempatfinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 15 Maret 2019 | 08:07 WIB

Berita Terkait

UEFA Punya Aturan Khusus bagi MU di Perempatfinal
(Foto: fourfourtwo)

INILAHCOM, Jakarta - Manchester United berpotensi mengalami perubahan status pertandingan di perempatfinal Liga Champions Eropa. Hal tersebut terkait hasil yang diraih MU di akhir musim lalu.

Keberhasilan Manchester United lolos dari babak 16 besar Liga Champions Eropa diikuti rival sekotanya, Manchester City. Bila MU mampu comeback melawan PSG berkat kemenangan telak 3-1 di leg kedua, City mengukir hasil sensasional dengan menyingkirkan Schalke dengan agregat telak 10-3.

Siapa yang akan jadi lawan mereka di perempatfinal baru akan diketahui saat pengundian, Jumat (15/3/2019) sore nanti. Leg pertama perempatfinal akan dimainkan pada 9 dan 10 April, sedangkan leg kedua pada 16 dan 17 April 2019.

Jelang pengundian, UEFA mengeluarkan pernyataan yang ditujukan khusus kepada Manchester United. Setan Merah harus bersedia berubah statusnya jika nantinya hasil undian menentukan United dan City sama-sama memainkan laga perempatfinal di pekan yang sama.

Aturan ini sudah disetujui oleh otoritas kota Manchester sebagai konsekuensi peringkat MU lebih rendah daripada City di akhir Liga Premier Inggris 2017-18.

"Mengikuti keputusan yang dibuat oleh otoritas lokal terkait, Machester City dan Manchester United tak bisa menggelar laga kandang di malam yang sama, ataupun di malam berikutnya," demikian pernyataan UEFA.

"Jika hasil undian menentukan kedua tim punya status pertandingan sama (kandang atau tandang) maka tim dengan peringkat terendah di liga domestik musim lalu, dalam hal ini United, akan diubah status pertandingannya sesuai dengan aturan Komite Kompetisi UEFA."

"Berdasarkan pada pasa 21.01(b) dalam regulasi Liga Champions Eropa, UEFA akan menentukan pertandingan mana yang akan dimainkan pada hari Selasa dan Rabu," lanjut isi pernyataan.

Penjelasannya, bila hasil undian menentukan MU dan City terlebih dulu memainkan laga kandang, merujuk aturan diatas maka The Red Devils harus terlebih dulu menjalani laga tandang baru kemudian di leg kedua bermain di kandang.

Selain City dan United, dua wakil Inggris lainnya yang melangkah ke perempatfinal yaitu Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Sumber: FFT

Komentar

Embed Widget
x