Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 09:57 WIB

Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020

Jerman Tumbangkan Belanda 3-2

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 25 Maret 2019 | 05:45 WIB
Jerman Tumbangkan Belanda 3-2
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Amsterdam - Jerman menang tipis 3-2 atas Belanda dalam pertandingan perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020. Ini menjadi kemenangan perdana Der Panzer di Grup C.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Johan Cruijff Arena, Senin (25/3/2019) dini hari WIB, Jerman bermain menekan sejak awal laga. Belum genap sepuluh menit, Der Panzers sudah dua kali melepaskan anacaman lewat Serge Gnabry dan Nico Schulz, namun belum membuahkan hasil.

Belanda baru bisa menebar ancaman di menit ke-12. Memphis Depay yang bergerak di sisi kanan luar kotak penalti Jerman melepaskan sepakan. Sayang bolanya masih melayang jauh dari gawang Jerman.

Jerman membuat publik tuan rumah terdiam di menit ke-16 setelah Leroy Sane membobol gawang Belanda meneruskan umpan terukur Schulz dari sayap kiri.

Belandang punya kesempatan menyamakan skor sepuluh menit berselang. Sodoran Quincy Promes di kotak penalti bisa dikontrol dengan baik oleh Ryan Babel. Ia dalam posisi bebas melepaskan sepakan ke gawang Jerman, bola kiriman Babel masih bisa digagalkan Manuel Neuer.

Dua menit berselang, Neuer kembali menggagalkan peluang emas Babel. Berawal dari umpan Promes lagi, Babel, yang berada di mulut gawang, mampu menyontek bolanya tapi bisa dihalau Neuer dengan refleknya yang luar biasa.

Terus ditekan, Jerman malah berhasil menambah keunggulan di menit ke-34. Gnabry mendapat umpan lambung dari Antonio Rudiger. Ia sedikit menusuk ke dalam area penalti Belanda kemudian melepaskan sepakan yang gagal dibendung kiper Jasper Cillessen. Skor 2-0 bagi Jerman bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Belanda memulai dengan cepat. Hasilnya mereka mampu menipiskan skor jadi 1-2 di menit ke-48. Sundulan Matthijs de Ligt meneruskan umpan lambung Depay gagal dihentikan Neuer.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Belanda untuk mengejar ketertinggalan. Benar saja, tuan rumah mampu menyamakan skor jadi 2-2 di menit ke-62.

Di kotak penalti Jerman, usai terjadi sedikit kemelut, Depay bekerja sama dengan Giorginio Wijnaldum sebelum melepaskan tendangan kaki kanan, yang mengirim bola bersarang ke pojok bawah kiri gawang Jerman tanpa bisa diamankan Neuer.

Dalam situasi imbang 2-2 Jerman sebenarnya tak tinggal diam, Tim Panser punya dua peluang bagus di menit ke-82 dan ke-84. Sayang, sepakan Toni Kroos dan Gnabry masih belum membuahkan hasil.

Keputusan Joachim Low memasukkan Marco Reus di menit ke-88 tepat. Pemain Borussia Dortmund itu melepaskan assist dari sisi kiri yang diselesaikan dengan mudah oleh Schulz. Skor 3-2 untuk kemenangan Jerman atas Belanda bertahan hingga laga usai.

Hasil tersebut membuat Jerman berada di peringkat ketiga Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan mengemas nilai tiga, sedangkan Belanda yang di laga sebelumnya menang telak 4-0 atas Belarusia berada di peringkat dua dengan tiga poin, unggul selisih gol dari Jerman.

Irlandia Utara menduduki posisi teratas klasemen Grup C usai menang dari Belarusia 2-1. Irlandia mengemas nilai enam dari dua pertandingan.

Susunan Pemain

Belanda: Cillessen, Blind, Van Dijk, De Ligt, Dumfries, De Jong, Wijnaldum, De Roon (Luuk de Jong 90'), Babel (Bergwijn 46'), Promes, Depay

Jerman: Neuer, Ginter, Sule, Ruediger, Schulz, Kroos, Kimmich, Kehrer, Sane, Gnabry (Reus 88'), Goretzka (Guendogan 70')

Komentar

Embed Widget
x