Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 04:21 WIB

Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020

Low Ungkap Kunci Kemenangan Jerman atas Belanda

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 25 Maret 2019 | 09:04 WIB
Low Ungkap Kunci Kemenangan Jerman atas Belanda
Joachim Low - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Amsterdam - Joachim Low bisa tersenyum lega usai Jerman mengalahkan Belanda. Ia senang melihat pemainnya bisa menerapkan skema yang mereka asah dalam sesi latihan.

Jerman menghadapi Belanda di Johan Cruijff Arena, Senin (25/3/2019) dini hari WIB, pada pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Der Panzer unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Leroy Sane (15') serta Serge Gnabry (34').

Belanda sempat menyamakan skor lewat gol Matthijs de Ligt (48') serta Memphis Depay (63'). Memasuki masa injury, Tim Panser kembali unggul berkat gol Nico Schulz. Skor 3-2 bagi keunggulan Jerman atas Belanda tak berubah.

Dalam pertandingan tersebut, Jerman sebenarnya kalah dominan dari Belanda dalam penguasaan bola. Namun, Tim Panser lebih efisien saat menyerang.

Berkaca pada kekalahan 3-0 dari Belanda di UEFA Nations League pada 13 Oktober 2018, Low menginstruksikan anak asuhanya agar tidak sering memainkan bola lambung saat melancarkan serangan. Faktanya, dua gol Jerman tercipta lewat skema umpan silang mendatar.

"Kami bermain dengan sangat baik di babak pertama, kami mengontrol pertandingan dan kami beberapa kali punya pergerakan bagus dan bisa berlari di belakang bek lawan," ujar Low usai laga.

"Kami berhasil menerapkan apa yag kami latih dengan sangat luar biasa. Umpan Nico (Schulz) di babak pertama sangat brilian, sebuah umpan mendatar seperti yang kami bahas," ia menambahkan.

Namun demikian, Jerman masih menyimpan sejumlah catatan minus terutama di babak kedua. Menghadapi Belanda yang tampil dengan pressing tinggi, Der Panzer kerap kehilangan bola kemudian telat dalam melakukan transisi permainan.

"Kami berkerja ekstra keras di babak kedua dan mencoba mengambil alih kendali lagi, tetapi sepakbola kami tidak dalam level yang sama lagi."

"Kami tahu setelah jeda Belanda akan mengubah permainan dengan menekan lebih tinggi, karena mereka tak mau kalah. Kami mulai bingung dan mudah kehilangan bola," ia memungkasi.

Hasil tersebut membuat Jerman berada di peringkat ketiga Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan mengemas nilai tiga, sedangkan Belanda yang di laga sebelumnya menang telak 4-0 atas Belarusia berada di peringkat dua dengan tiga poin, unggul selisih gol dari Jerman.

Sumber: DFB

Komentar

Embed Widget
x