Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 02:01 WIB

Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020

Sinyal Kebangkitan Era Baru Tim Panser Jerman

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 25 Maret 2019 | 10:06 WIB
Sinyal Kebangkitan Era Baru Tim Panser Jerman
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Jerman kembali merasakan kemenangan setelah harus menunggu hampir 10 bulan. Ini menjadi sinyal kebangkitan era baru Der Panzer.

Jerman secara dramatis menang atas Belanda 3-2 pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (25/3/2019) dini hari WIB. Kemenangan tersebut menjadi pembalasan kekalahan 0-3 dari Belanda di ajang UEFA Nations League pada 13 Oktober 2018.

Ini menjadi kemenangan kompetitif pertama Jerman dalam kurun waktu hampir 10 bulan. Terakhir, mereka mengalahkan Swedia 2-1 di fase grup Piala Dunia 2018 pada Juni lalu.

Setelah itu, Jerman secara mengejutkan takluk 0-2 dari Korsel yang memaksa mereka tersingkir di babak penyisihan Piala Dunia 2018.

Di ajang UEFA Nations League, Jerman yang tergabung di Grup A bersama Prancis dan Belanda tak sekalipun meraih kemenangan. Dari empat laga, juara dunia empat kali menelan dua kekalahan serta dua kali imbang.

Sebelum menghadapi Belanda, Jerman terlebih dulu menjalani laga uji coba internasional menghadapi Serbia yang berkesudahan imbang 1-1 pada 20 Maret kemarin.

Di laga itu, pelatih Joachim Low menurunkan mayoritas muka-muka baru. Keputusannya mencoret sejumlah pemain senior seperti Emre Can, Mats Hummels, Jerome Boateng dan Thomas Muller untuk memberi tempat kepada pemain-pemain muda menandai era baru Der Panzer.

"Ini adalah proses yang harus dilewati sebuah tim berisikan pemain muda," ujar Low usai laga melawan Belanda.

"Apa yang membuat saya senang adalah tim tidak pernah kehilangan kepercayaan bahwa mereka bisa memenangkan pertandingan, dan di akhir laga kami mendapatkannya," lanjut juru taktik 59 tahun.

Hal senada diungkap Nico Schulz. Kemenangan atas Belanda menjadi modal bagus bagi tim muda Jerman bersaing dengan negara kuat lainnya di kejuaraan internasional.

"Kami senang meraih kemenangan. Pertandingan ini (vs Belanda) memberi kami kepercayaan diri. Kami tahu kami punya kualitas dan hari ini kami memperlihatkannya di lapangan," tutup pemain Hoffeinheim.

Sumber: DFB

Komentar

Embed Widget
x