Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 03:12 WIB

Pertama Dalam Sejarah Tim Inggris Dominasi Eropa

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 10 Mei 2019 | 05:39 WIB
Pertama Dalam Sejarah Tim Inggris Dominasi Eropa
(Foto: twitter)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dominasi klub Inggris berlanjut ke Liga Europa setelah Arsenal dan Chelsea sama-sama memastikan tempat di final.

Di babak semifinal, Arsenal berhasil menyingkirkan wakil Spanyol, Valencia, dengan agregat mencolok 3-7. Di leg pertama, The Gunners menang 3-1 di Emirates Stadium.

Pada pertandingan leg kedua yang berlangsung di Mestalla Stadium, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB, Meriam London menang 4-2 atas Los Che. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak hatrik di laga tersebut, satu gol lainnya disumbang Alexandre Lacazette. Sedangkan dua gol Valencia dicetak Kevin Gameiro.

Bagi Arsenal ini merupakan final pertama mereka di kompetisi Eropa sejak 2006 silam. Saat itu, The Gunners yang masih dilatih Arsene Wenger kalah di final Liga Champions Eropa dari Barcelona dengan skor 1-2.

Chelsea menyusul Arsenal ke final setelah susah payah mengalahkan Eintracht Frankfurt di leg kedua lewat adu penalti. The Blues mampu menahan imbang Eintracht 1-1 di Commersz-Bank Arena pada leg pertama.

Di pertemuan kedua yang berlangsung di Stamford Bridge, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB, skor imbang 1-1 kembali tercipta. Chelsea unggul terlebih dulu lewat Ruben Loftus-Cheek di menit ke-28. Luka Jovic menyamakan skor di menit ke-49.

Skor imbang tak berubah sampai 2x15 menit tambahan usai dan harus diselesaikan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan, dari lima penendang The Blues, hanya Azpilicueta yang gagal menjarangkan bola. Di kubu Eintracht, dua penendangnya Hinteregger dan Paciencia gagal menaklukkan Kepa. Chelsea menang adu penalti 4-3.

Bagi Chelsea ini merupakan final kedua di Liga Europa setelah mereka pernah juara pada 2013. Final Liga Europa 2018-19 akan berlangsung di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, pada 29 Mei 2019.

Sebelumnya, di Liga Champions Eropa dua tim Inggris memastikan diri bermain di final. Liverpool akan menantang Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano pada 2 Juni 2019.

The Reds melaju ke final usai menundukkan Barcelona dengan agregat 4-3. Di laga ini, Liverpool sempat kalah 0-3 terlebih dulu di leg pertama. Sedangkan Tottenham menyudahi perlawanan Ajax Amsterdam dengan keunggulan gol tandang setelah agregat imbang 3-3.

Ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah kompetisi Eropa menghadirkan All England Final.


Komentar

Embed Widget
x