Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 04:18 WIB

Juara Liga Belanda Pengobat Kecewa Ajax di UCL

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 13 Mei 2019 | 11:05 WIB
Juara Liga Belanda Pengobat Kecewa Ajax di UCL
(Foto: ajax)

INILAHCOM, Jakarta - Ajax Amsterdam mampu mengobati kekecewaan usai gagal di Liga Champions Eropa dengan meraih gelar juara Eredivise Belanda 2018-19.

Ajax menjamu FC Utrecht di Johan Cruijff Arena, Minggu (12/5/2019) malam kemarin, pada pertandingan pekan ke-33. Sedangkan pesaing terdekatnya, PSV Eindhoven, bertamu ke kandang AZ Alkmaar.

Ajax sempat dikejutkan dengan gol cepat Utrecht saat laga baru berjalan satu menit yang dicetak Othman Boussaid. Tuan rumah baru bisa menyamakan skor di menit ke-15 lewat aksi Klass Jan Huntelaar. Gol Donny van de Beek di menit ke-45 membalikkan skor jadi 2-1.

Di babak kedua, Dusan Tadic menambah dua gol di menit ke-75 serta lewat sepakan penalti di menit ke-80. Ajax menutup laga dengan kemenangan 4-1 atas Utrecht.

Di laga lainnya, PSV harus takluk 0-1 dari AZ Alkmaar di AFAS Stadion. Gol semata wayang tuan rumah dicetak Guus Til di menit ke-49.

Dengan hasil tersebut, Ajax memastikan gelar juara Eredivise Belanda 2018-19. Ajacied mengemas 83 poin, unggul tiga poin dari PSV yang harus puas jadi runner-up. Meskipun masih menyisakan satu laga terakhir di pekan ke-34, Ajax masih punya keunggulan selisih gol (+14) dari PSV.

Bagi Ajax ini merupakan gelar juara liga ke-33 sepanjang sejarah klub. Capaian ini juga sebagai pengobat kekecewaan mereka tersingkir di semifinal Liga Champions Eropa setelah kalah produktifitas gol dari Tottenham Hotspur setelah agregat imbang 3-3.

Sebelum juara liga, Ajax terlebih dulu mengamankan gelar Piala Belanda setelah di final menaklukkan Willem II 4-0.

"Kami benar-benar telah mengambil langkah ke arah ini (juara liga). Ada kepahitan dan kekuatan dalam tim, ini memang diperlukan untuk memenangkan kompetisi dan meraih gelar. Dan Anda melihatnya lagi hari ini," ujar pelatih Erik ten Hag dikutip dari laman resmi klub.

"Setelah pukulan luar biasa di pertandingan Rabu kemarin (vs Tottenham) para pemain saling mendorong. Hasil buruk itu telah diubah menjadi tekad," ia melanjutkan.

Gefeliciteerd Ajax! Selamat Ajax!

Komentar

Embed Widget
x