Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 01:54 WIB

Inilah Juara di Tujuh Liga Top Eropa 2018-19

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 20 Mei 2019 | 09:36 WIB
Inilah Juara di Tujuh Liga Top Eropa 2018-19
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Juara sejumlah liga top Eropa musim 2018-19 sudah diketahui, siapa saja yang sukses angkat trofi liga musim ini?

Dari tujuh liga teratas Eropa, tinggal menyisakan Liga Serie A Italia serta Ligue 1 Prancis yang masih menyisakan satu pertandingan terakhir, sementara lima liga lainnya sudah merampungkan seluruh pertandingan akhir pekan kemarin.

Liga Premier Inggris menjadi yang paling ketat persaingan perebutan gelar juara, penentuan kampiun harus menunggu sampai pekan terakhir. Manchester City keluar sebagai juara dengan perolehan poin 98 dari 38 pertandingan, The Citizens hanya unggul satu poin dari Liverpool di posisi kedua.

Bagi City ini merupakan gelar juara liga kedua secara beruntun. Selain juara liga, tim asuhan Pep Guardiola menyempurnakan gelar trebel winnes domestik dengan menjuarai Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Persaingan ketat juga terjadi di Eredivise Belanda, Ajax Amsterdam baru bisa memastikan trofi juara liga di pekan akhir. Matthijs de Ligt dkk menutup musim 2018-19 dengan raihan total 86 poin, unggul tiga angka dari PSV Eindhoven di posisi dua.

Bagi Ajax, ini merupakan juara liga ke-34 sepanjang sejarah klub, atau trofi kedua musim ini setelah Piala Belanda. Juara liga menjadi pelipur lara Ajax yang tersingkir di semifinal Liga Champions Eropa.

Bayern Munchen akhirnya mampu mempertahankan gelar juara Bundesliga Jerman. Di pekan terakhir, mereka mampu menang telak 5-1 atas Eintracht Frankfurt. Die Roten yang sempat terseok-seok di awal musim mampu mengungguli rival abadinya, Borussia Dortmund, di klasemen akhir.

Munchen total mengemas 78 poin dari 34 laga, sedangkan Dortmund harus puas jadi runner up dengan 76 poin.

Situasi tak jauh berbeda terjadi dalam persaingan perebutan gelar juara Primeira Liga Portugal. Benfica mendapat perlawanan ketat dari FC Porto hampir sepanjang musim. Benfica memastikan gelar juara setelah di pekan terakhir menggasak Santa Clara 4-1, meskipun di pertandingan lainnya Porto juga menang 2-1 atas Sporting CP.

Benfica finish di urutan pertama dengan nilai 87 dari 34 pertandingan, sedangkan Porto berada di urutan kedua dengan 85 poin. Bagi Benfica ini merupakan gelar juara liga ke-37 sepanjang sejarah klub.

LaLiga Spanyol baru saja merampungkan pertandingan terakhirnya, Minggu (19/5/2019) malam WIB. Berbeda dengan kompetisi di atas, klub juara sudah bisa diketahui sejak pekan ke-34. Barcelona kembali jadi kampiun Spanyol dua musim berturut-turut.

Di pekan terakhir, Los Blaugrana bermain imbang 2-2 melawan Eibar. Dengan tambahan satu poin, Barca menutup liga dengan torehan 98 poin dari 38 pertandingan. Mereka unggul jauh 12 poin dari Atletico Madrid di posisi kedua.

Dominasi Juventus di Liga Serie A Italia 2018-19 belum luntur, I Bianconeri sudah bisa memastikan gelar kampiun liga di pekan ke-33 usai mengalahkan Fiorentina 2-1. Ini menjadi tahun kedelapan secara beruntun Si Nyonya Tua juara liga.

Liga Serie A Italia 2018-19 masih menyisakan satu pertandingan terakhir, Juve akan bertamu ke kandang Sampdoria pada 26 Mei mendatang. Bagi Juve apapun hasil akhirnya sudah tidak menentukan lagi.

Diantara klub-klub di atas, Paris Saint-Germain (PSG) jadi yang paling cepat memastikan gelar juara liga. Les Parisiens mengunci titel juara Ligue1 Prancis di pekan ke-32 dengan nilai 81 poin. Saat itu, mereka unggul 16 angka dari Lille di posisi kedua.

Dengan ada lima pertandingan tersisa bagi Lille, tak mungkin mereka bisa mengejar PSG.

Komentar

Embed Widget
x