Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 08:01 WIB

Valverde Dipastikan Lanjut di Barcelona

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 24 Mei 2019 | 02:32 WIB
Valverde Dipastikan Lanjut di Barcelona
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Barcelona - Masa depan Ernesto Valverde di Barcelona musim depan dipastikan aman. Ia mendapat dukungan penuh dari orang nomor satu klub untuk melanjutkan pekerjaannya.

Di musim 2018-19, Valverde kembali membawa Barca juara LaLiga. Sebelumnya, ia juga mempersembahkan gelar serupa di musim perdananya menangani Lionel Messi dkk. Pelatih 55 tahun berpeluang melengkapi double winners domestik musim ini dengan menjuarai Copa del Rey menghadapi Valencia di final pada 25 Mei besok.

Meskipun punya catatan bagus di level domestik, Valverde dinilai tak cukup baik di kancah kompetisi Eropa setelah Barca terhenti langkahnya di babak semifinal Liga Champions. Los Blaugrana yang sudah unggul 3-0 di leg pertama, harus mengakui keunggulan Liverpool yang mampu melakukan comeback dengan skor 4-0.

Hasil tersebut seakan mengulang catatan kurang oke Barca di Liga Champions Eropa musim sebelumnya. Saat itu, Barca harus tersingkir di babak perempatfinal setelah AS Roma mampu comeback dan menyamakan agregat jadi 3-3. El Barca harus tersingkir karena kalah produktivitas gol tandang.

Kembali gagal di level Eropa memunculkan spekulasi soal masa depan Valverde di Barca. Kabarnya, manajemen klub akan mengevaluasi kinerja Valverde seusai Copa del Rey.

Dalam jumpa pers usai kalah dari Liverpool, Valverde menyebut dirinya bertanggung jawab atas kegagalan Barca. Ia akan berbesar hati menerima apapun keputusan klub terkait masa depannya.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, angkat bicara soal masa depan Valverde. Ia menegaskan klub masih menaruh kepercayaan kepada pelatih asal Spanyol itu. Menurut Bartomeu, apa yang dilakukan Valverde pantas mendapat penghargaan.

"Saya ingin menghargai seseorang yang sudah membantu tim kami dengan sangat brilian, saya berbicara soal Ernesto Valverde, yang sepenuhnya mendapat kepercayaan kami," ujar Bartomeu.

"Menjuarai LaLiga adalah penghargaan luar biasa dan Anda lebih tahu dari siapapun apa yang perlu dikorbankan untuk memenangkan gelar ini."

"Nilai juara LaLiga dan keberhasilan musim ini sesuai dengan kritik internal terhadap apa yang terjadi di Liga Champions, keduanya valid."

"Saya ingin meminta kepada para pemain kami untuk fokus pada final Copa del Rey (melawan Valencia) pada hari Sabtu," ia memungkasi.

Valverde masih punya kontrak hingga 2020 di Barcelona setelah mendapat perpanjang kontrak satu musim pada Februari lalu.[rza]

Sumber: Football-Italia

Komentar

Embed Widget
x