Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 12:52 WIB

Kalahkan Barca, Valencia Juara Copa del Rey

Oleh : Arif Budiwinartoa | Minggu, 26 Mei 2019 | 04:26 WIB
Kalahkan Barca, Valencia Juara Copa del Rey
(twitter)
facebook twitter

INILAHCOM, Sevilla - Valencia meraih gelar juara Copa del Rey 2018-19 setelah di final mengalahkan juara bertahan, Barcelona, dengan skor akhir 2-1.

Final Copa del Rey berlangsung di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Minggu (26/5/2019) dini hari WIB. Barca tanpa Luis Suarez di laga ini yang tengah mengalami cedera. Sebagai gantinya, Ernesto Valverde memainkan Sergi Roberto bersama Lionel Messi dan Philippe Coutinho. Sedangkan Valencia memainkan duet Rodrigo dan Kevin Gameiro.

Statistik Livescore memperlihatkan dominasi Barca dalam urusan ball possession 72 persen berbanding 28 persen. Los Blaugrana juga lebih banyak menebar ancaman ke gawang Valencia dengan 18 shots tetapi hanya ada tujuh yang tepat ke gawang.

Valencia tampil lebih efisien. Dari enam shots yang dilepaskan dua diantaranya berujung gol.

Jalannya pertandingan

Barca memulai pertandingan dengan lambat, situasi ini dimanfaatkan Valencia untuk bermain agresif. Peluang pertama diperoleh Gameiro di menit kelima.

Rodrigo menyodorkan bola ke Gameiro, yang langsung melewati hadangan Cillessen, namun sepakan striker asal Prancis itu masih bisa dihalau Pique, yang menyepak bola di garis gawang. Hampir saja!

Sampai memasuki menit ke-15, Barca masih terlihat mengembangkan permainan saat memasuki area pertahanan Valencia. Pressing ketat yang diperagakan pemain-pemain Los Che membuat Messi dkk tak bisa leluasa mengalirkan bola.

Terus menekan, barisan belakang Barca kecolongan di menit ke-21. Dani Parejo dengan jeli melambungkan bola ke sayap kiri, Gaya yang lolos dari jebakan offside masuk ke area penalti, ia memberikan umpan mendatar ke tengah kotak penalti. Bola mampu dikontrol Gamiero, ia terlebih dulu mengecoh satu bek Barca, kemudian melepaskan sepakan keras ke pojok kanan gawang yang membuat Jasper Cillessen mati langkah.

Usai gol tersebut, Barca berupaya tidak panik. Mereka merancang serangan dari bawah, pergerakan Messi sangat dibatasi oleh para pemain Valencia. La Pulga hampir mendapat pengawalan tiga sampai empat pemain.

Di menit ke-30 wasit Mallenco memberikan water break, para pemain terlihat kehausan karena cuaca di Sevilla mencapai 30 derajat celcius.

Selepas 'water break' Barca sempat kehilangan konsentrasi yang berujung pada terciptanya gol kedua. Carlos Soler memenangi adu lari dengan Jordi Alba, Soler kemudian melepaskan umpan silang ke area penalti yang dibelokkan Rodrigo. Skor 2-0 Valencia unggul atas Barca.

Barca hampir saja menipiskan skor di menit ke-38, sundulan Rakitic meneruskan umpan Jordi Alba masih melebar di sisi gawang. Upaya kedua Rakitic di menit ke-45 juga belum membuahkan hasil, kali ini sepakanya mengenai kaki Garay.

Di babak kedua, Valencia langsung memberi tekanan ke gawang Barca. Di menit ke-49, sepakan Guedes usai bekerjasama dengan Rodrigo masih melebar di sisi kanan gawang Cillessen.

Barca baru bisa merespon di menit ke-57. Messi menerobos ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan bola lob yang masih menerpa tiang gawang, Vidal mencoba meneruskan bola rebound tetapi sepakannya masih belum tepat sasaran.

Menit ke-71, Pique ikut naik membantu serangan Barca. Ia menyambar umpan tarik dari Malcom, namun sepakannya masih melebar dari sisi kiri gawang. Tiga menit berselang, Barca mampu menipiskan skor jadi 2-1.

La Pulga sukses meneruskan bola muntah hasil sundulan Lenglet yang sempat ditepis oleh Domenech. Sepakan jarak dekat sang striker meluncur deras ke gawang yang sudah melompong.

Gol tersebut membuat Barca semakin termotivasi untuk mencetak gol lainnya. Mereka benar-benar tak memberi Valencia kesempatan memegang bola. Messi hampir saja menyamakan skor di menit ke-85, sundulannya menyambar umpan silang Malcom masih belum tepat sasaran.

Memasuki masa injury, Barca semakin gencar menekan Valencia. Sepakan Messi di menit ke-93 masih bisa diblok oleh Gabriel. Sampai peluit panjang berbunyi, Barca harus mengakui keunggulan Valencia 1-2.

Kekalahan tersebut membuat Barca gagal mengulang sukses musim lalu dengan raihan double winner. Musim ini, Barca hanya berhasil mengamankan gelar juara LaLiga, sementara bagi Valencia ini merupakan gelar Copa del Rey pertama sejak 2008.

Susunan Pemain

Barcelona: Cillessen; Semedo (Malcom 46'), Pique, Lenglet, Jordi Alba; Rakitic (Alena 77') , Busquets, Arthur (Vidal 46'); Sergi Roberto, Messi, Coutinho

Valencia: Jaume; Jose Gaya, Paulista, Garay, Wass; Guedes, Coquelin, Parejo (Kondogbia 65'), Soler; Gameiro (Piccini 72'), Rodrigo (Diakhaby 88')

Komentar

Embed Widget
x