Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 23:06 WIB

Trofi Pertama Sarri Selama Menjadi Pelatih

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 30 Mei 2019 | 12:10 WIB
Trofi Pertama Sarri Selama Menjadi Pelatih
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Baku - Berhasil mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Europa 2018-19 menjadi catatan manis bagi Maurizio Sarri. Ini merupakan trofi pertamanya selama 29 tahun berkarier sebagai pelatih.

Chelsea menutup musim 2018-19 dengan raihan Liga Europa setelah di final membungkam Arsenal dengan skor meyakinkan 4-1 di Stadion Olympia Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Bagi Chelsea ini merupakan trofi Liga Europa kedua dalam kurun enam tahun terakhir, sebelumnya mereka juga pernah jadi juara di musim 2012-13. Sementara bagi Sarri, ini merupakan trofi pertama selama hampir 30 tahun berkarier sebagai pelatih.

Lebih spesialnya, gelar tersebut diraih dengan cara yang terbilang fantastis. Selain dengan skor besar, Sarri menundukkan Unai Emery yang dikenal sebagai pelatih spesialis Liga Europa. Sebelumnya, Emery pernah tiga kali lolos ke final dan selalu jadi juara bersama Sevilla.

Sarri mengawali karier melatihnya di Stia pada musim 1990-91. Nama, pelatih asal Italia mulai dikenal setelah berhasil mengantarkan Empoli promosi ke Liga Serie A Italia, serta menjadikan Napoli penantang tangguh Juventus dalam perburuan gelar scudetto.

Selama di Napoli, Sarri yang dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di Italia, tak pernah merasakan gelar juara. Ia harus puas dua kali jadi runner-up liga pada 2015-16 dan 2017-18.

Di musim perdana bersama Chelsea, perjalanan Sarri tak mulus. Ia berulang kali dihujani kritikan karena dianggap tak mampu membawa The Blues bersaing memperebutkan gelar juara liga.

Pelatih 60 tahun sebenarnya punya kesempatan meraih trofi domestik pertama bersama Chelsea di ajang Piala Liga Inggris. Sayang, di final Chelsea harus takluk dari Manchester City lewat adu penalti.[rza]

Komentar

Embed Widget
x