Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 05:05 WIB

Liga Europa

Tawa Hazard, Tangis Cech

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 30 Mei 2019 | 15:00 WIB
Tawa Hazard, Tangis Cech
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Baku - Final Liga Europa 2018-19 menjadi laga terakhir bagi Petr Cech di Arsenal serta Eden Hazard yang diyakini bakal hengkang dari Chelsea. Saat Hazard bersuka cita, Cech justru menitikkan air mata kesedihan.

Cech sudah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain setelah kontraknya bersama Arsenal habis akhir musim ini, sementara Hazard juga sudah mengambil keputusan mengenai masa depannya. Pemain asal Belgia itu berulang kali mengindikasikan bakal meninggalkan Stamford Bridge.

Final Liga Europa 2018-19 di Stadion Olympia Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB, pantas disebut laga perpisahan bagi Hazard dan Cech. Keduanya sangat berambisi meraih gelar juara sebagai kado manis sebelum berpisah dari klub.

Di akhir pertandingan, Hazard dan Chelsea angkat piala setelah setelah menang dengan skor meyakinkan 4-1 atas Arsenal. Hazard paling berperan dalam kemenangan tersebut, ia mencetak dua gol plus satu assist kepada Pedro.

Usai pertandingan Hazard sekali lagi mengungkap soal masa depannya. Liga Europa menjadi persembahan terakhirnya bagi Chelsea setelah delapan musim bersama.

"Saya pikir ini ungkapan selamat tinggal, tetapi di sepak bola anda tidak pernah tahu," kata Hazard kepada BBC.

Pernyataan Hazard tersebut sekaligus menjawab teka-teki masa depannya, apakah akan bertahan di Stamford Bridge atau pergi, menyusul ketertarikan dari Real Madrid.

Selama berkostum Chelsea sejak 2011, Hazard total sudah mempersembahkan enam gelar juara baik domestik maupun Eropa yaitu Liga Premier Inggris (2), Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa (2).

"Kami akan memutuskan dalam beberapa hari, satu-satunya rencana saya adalah memenangkan final ini. Mungkin sekarang saatnya untuk tantangan baru," lanjut gelandang asal Belgia.

Pemandangan berbeda tertangkap kamera saat Petr Cech menitikan air mata, kekecewaan tergambar sangat jelas di wajah kiper 37 tahun. Di akhir kariernya sebagai pemain, Cech justru harus menerima hasil pahit.

Musim ini, Cech dan Arsenal gagal meraih satu pun trofi. Tak hanya itu, The Gunners juga gagal mendapat satu tiket ke Liga Champions Eropa musim depan setelah hanya bisa finish di peringkat lima Liga Serie A Italia 2018-19.

Empat musim di Arsenal, Cech tampil 139 kali di semua ajang. Ia pernah mengantarkan The Gunners juara Piala FA 2016-17 dan Community Shield 2015 dan 2017.

"Mudah untuk mengatakan bahwa kami tidak meraih apa-apa, kami meraih piala dan kami sudah kalah di final ini. Tapi, kami bisa meyakinkan semua orang bahwa kerja yang sudah kami lakukan musim ini akan membuat kami lebih kuat," ujar kiper asal Republik Ceko.

"Saya ingin mengangkat trofi, lalu duduk berpikir. Sampai 30 Juni saya masih pemain Arsenal dan saya tidak akan memutuskan apapun," ia memungkasi.

Setelah kontraknya di Arsenal habis, kabarnya Chelsea menawarkan Cech posisi sebagai Direktur Olahraga.[rza]

Komentar

Embed Widget
x