Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 23:30 WIB

Ribuan Bangku Kosong di Final Liga Europa

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 30 Mei 2019 | 16:08 WIB
Ribuan Bangku Kosong di Final Liga Europa
(Foto: Twitter)

INILAHCOM, Baku - Penyelenggaraan Final Liga Europa 2018-19 meninggalkan catatan kurang mengesankan. Ini terlihat dari banyaknya kursi penonton yang kosong dan sejumlah kritikan lainnya.

UEFA memutuskan menggelar final Liga Europa 2018-19 antara Chelsea versus Arsenal di Stadion Olympia Baku, Azerbaijan, Rabu (29/5/2019) waktu setempat atau Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Sebelum kickoff, banyak kebijakan UEFA yang memantik kontroversi di kalangan fans.

Salah satunya adalah tiket yang dialokasikan untuk fans Arsenal dan Chelsea masing-masing cuma 6 ribu lembar. Jelas jumlah tersebut tidak sebanding dengan kapasitas stadion yang bisa menampung hingga 69.780 penonton serta jumlah fans kedua tim.

Harga tiket juga sempat dikeluhkan para fans, UEFA mematok harga tiket termurah di angka 60 Pounds (1,1 juta Rupiah) sementara termahal 513 Pounds (9,5 juta Pounds). Jauhnya jarak tempuh ke Baku yang hampir 4.000 km dari London menjadi permasalahan bagi fans dari Inggris.

Mereka harus menganggarkan biaya akomodasi cukup besar untuk menggunakan transportasi udara, pasalnya menggunakan transportasi darat bisa memakan waktu hingga dua hari dari London ke Baku.

Sebagai bentuk kritik terhadap kebijakan UEFA, sejumlah kelompok suporter baik Chelsea dan Arsenal mengimbau anggotanya untuk tidak datang ke Baku, kalaupun ada yang sudah membeli tiket diminta untuk mengembalikannya. Imbasnya, di beberapa tribun stadion terlihat banyak kursi kosong.

"Menyedihkan melihat banyak kursi kosong di final kompetisi besar. Suatu keganjilan memainkan final di tempat seperti Baku. Ini buruk, UEFA," demikian kicauan akun @TheAwayFansVids disertai unggahan foto tribun penonton yang banyak kursi kosong.

Permasalahan tak berhenti sampai di situ, penonton yang duduk di barisan kursi paling bawah juga harus menelan kecewa karena tidak bisa menyaksikan pertandingan dengan jelas. Hal ini disebabkan jarak antara tribun dengan lapangan terbilang cukup jauh.

"Pemisah antara fans dan lapangan bikin syok, atmosfer yang sepi, ribuan tempat duduk kosong, sudut kamera terburuk yang pernah saya saksikan," kicau akun @SamuelLFC

Di luar permasalahan tersebut, laga final Liga Europa 2018-19 berjalan dengan lancar. The Blues keluar sebagai juara usai menang dengan skor meyakinkan 4-1 atas Arsenal.

Empat gol Chelsea dicetak Eden Hazard (2), Olivier Giroud, dan Pedro Rodriguez, sementara The Gunners mencetak gol hiburan lewat kaki Alex Iwobi.[rza]

Komentar

Embed Widget
x