Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 15:16 WIB

UEFA Nations League 2019

Inggris yang Lagi-lagi Anti-klimaks di Semifinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 8 Juni 2019 | 03:04 WIB
Inggris yang Lagi-lagi Anti-klimaks di Semifinal
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Guimares - Timnas Inggris terhenti di semifinal UEFA Nations League 2019. Ini kali kedua dalam kurun waktu setahun, Inggris gagal melaju ke final turnamen mayor.

Inggris jumpa Belanda di semifinal UEFA Nations League 2019 di Estadio D. Afono Henriques, Guimares, Jumat (7/6/2019) kemarin. Dalam laga yang harus berlanjut sampai extra time, Inggris menyerah 1-3 dari De Oranje.

The Three Lions unggul terlebih dulu lewat penalti Marcus Rashford di menit ke-23. Belandang menyamakan skor 1-1 di menit ke-73 berkat gol Matthijs de Ligt. Tim Tiga Singa sebenarnya bisa mencetak gol di menit ke-83, tetapi gol Jesse Lingard dianulir karena terlebih dulu terperangkap offside.

Di babak tambahan waktu, Belanda menambah dua gol dari gol bunuh diri Kyle Walker dan Quincy Promes.

Statistik mencatat Inggris melepaskan 14 shots namun cuma tiga yang tepat ke sasaran. Southgate menyayangkan buruknya penyelesaian akhir yang dianggap sebagai penyebab kekalahan Inggris.

"Saya pikir kami sudah banyak belajar saat bertanding melawan tim dengan kualitas tinggi yang menciptakan masalah berbeda dengan yang kami hadapi sebelum-sebelumnya," kata Southgate.

"Kami juga memberikan ancaman dalam pertandingan, tapi kami memasukkan gol yang sangat buruk. Kami mempunyai kesempatan mencetak gol, tapi kami tak bisa memanfaatkannya."

"Pada menit ke-85, Anda berpikir bahwa Anda telah mencetak gol untuk menempatkan tim Anda dalam posisi yang sangat menguntungkan untuk terus melaju. Tapi, karena dianulir lalu kemasukan gol kedua benar-benar membuat tim menurun," ia memungkasi.

Kekalahan tersebut mengubur impian Inggris melaju ke final turnamen mayor untuk pertama kalinya di bawah asuhan pelatih Gareth Southgate. Mereka akan jumpa Swiss pada pertandingan perebutan tempat ketiga, Minggu (9/6/201(9) dini hari WIB.

Ini menjadi kali kedua Harry Kane dkk tampil anti-klimaks di semifinal, pada Piala Dunia 2018 Inggris yang tampil impresif sejak fase kualifikasi justru melempem di babak empat besar. Mereka takluk 1-2 dari Kroasia lewat perpanjangan waktu.

Inggris menyudahi gelaran di posisi empat setelah kalah 0-2 dari Belgia dalam pertandingan perebutan tempat ketiga.

Komentar

Embed Widget
x