Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 11:57 WIB

AFF Dukung Indonesia-ASEAN Tuan Rumah Piala Dunia

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 27 Juni 2019 | 15:05 WIB
AFF Dukung Indonesia-ASEAN Tuan Rumah Piala Dunia
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mendukung rencana Indonesia dan negara-negara ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

10 negara ASEAN sepakat mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Ide tersebut diajukan pada saat KTT ASEAN di Thailand, Minggu (23/6/2019). Ide yang mendapat dukungan presiden AFF, Khiev Sameth.

"AFF menyambut baik bahwa para pemimpin di negara-negara kawasan ASEAN telah menjanjikan dukungannya untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah bersama pada proses bidding Piala Dunia FIFA 2034," ujar Sameth, dikutip dari laman resmi AFF.

"Saya melihat bahwa ASEAN secara kolektif merupakan kawasan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses. Event tersebut akan menghasilkan manfaat perkembangan ekonomi dan olah raga ke arah yang lebih baik di wilayah ini, juga akan memperkuat ikatan bagi 640 juta orang," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Presiden AFF yang juga Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Menurut Tisha, dukungan ini menunjukan semangat dan visi yang kuat dari negara kawasan ASEAN. Inisiasi untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 sebelumnya sudah dideklarasikan pada pertemuan AFF di Bali pada tahun 2018 lalu.

Tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali di negara Asia adalah Jepang dan Korea Selatan yang kemudian berhasil menggelar acara di tahun 2002. Asia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia lagi pada 2022 di Qatar. Tahun lalu, FIFA memberikan Piala Dunia 2026 untuk tawaran bersama lainnya, dari Kanada, AS, dan Meksiko.

Komentar

x