Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 23:17 WIB

Atalanta Bisa Pakai San Siro di Liga Champions

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 12 Juli 2019 | 12:04 WIB
Atalanta Bisa Pakai San Siro di Liga Champions
(Foto: football-italia)

INILAHCOM, Milan - Atalanta akhirnya mendapatkan izin untuk menggunakan Stadion San Siro sebagai kandang di ajang Liga Champions Eropa 2019-2020.

Atalanta memastikan satu tiket tampil di Liga Champions Eropa 2019-2020 setelah finish di urutan tiga klasemen akhir Liga Serie A Italia 2018-2019. Bagi Gli Orobici ini akan jadi penampilan perdana mereka di kompetisi tertinggi antarklub Eropa sepanjang sejarah klub.

Sayangnya, Atalanta tidak bisa memakai kandangnya, Stadion Azzurri d'Italia, karena proses renovasinya diperkirakan tidak akan selesai tepat waktu sebelum fase grup dimulai pada September mendatang.

Sebagai alternatif, Atlanta punya rencana memakai stadio klub Liga Serie A Italia lainnya sebagai kandang sementara di kompetisi Eropa.

Opsinya antara lain Stadiun Mapei miliki Sassoulo yang pernah jadi kandang Atalanta saat main di Liga Europa 2018-19, serta Stadion milik AC Milan dan Inter Milan, San Siro, di kota Milan.

Atalanta tidak mau memakai Mapei Stadium karena jarak dari Bergamo ke Reggio Emilia sangat jauh. Dengan demikian San Siro menjadi opsi paling realistis mengingat jarak Bergamo-Milan sejauh 60 KM. Ditambah lagi San Siro sudah bisa menggelar pertandingan level Eropa.

Rencana tersebut sempat mendapat tentangan dari fans fanatik Milan, Curva Sud. Namun, Atalanta bisa bernapas lega setelah Walikota Milan, Giuseppe Sala, AC Milan dan Inter Milan, memberikan izin Atalanta berkandang sementara di San Siro.

"Kami mengonfirmasi bahwa kami sudah menerima permintaan Atalanta untuk memakai San Siro sebagai kandang di ajang Liga Champions," demikian pernyataan perwakilan Milan.

"Keputusan ini sesuai dengan persetujuan dari walikota Milan, Giuseppe Sala, setelah memahami keinginan kuat klub Bergamo tersebut."

"Kami yakin bahwa kesempatan ini tidak hanya menguntungkan Atalanta, tapi juga persepakbolaan Italia seluruhnya, karena ini menjadi inspirasi betapa tingginya nilai-nilai seperti keramahan, rasa hormat dan fair play," lanjutan isi pernyataan.

Lega sudah mendapat kepastian kandang sementara untuk Liga Champions Eropa, kapten Atalanta, Papu Gomez, menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada I Rossoneri dan Inter yang bersedia meminjamkan 'rumahnya'.

"Sayangnya, kami tidak akan main Liga Champions Eropa di stadion kami," demikian tulisan Papu Gomez di akun Instagram-nya.

"Untuk alasan ini, saya mewakili rekan setim, kami ingin berterima kasih kepada Inter dan AC Milan memperbolehkan kami memakain stadion luar biasa mereka."

"Bagi kami, ini krusial tidak melakukan perjalanan panjang, apalagi di kompetisi menuntut seperti ini (Liga Champions Eropa). Akan jadi kehormatan main di San Siro dan kami akan memberikan yang terbaik. Terima kasih banyak."

Untuk musim 2019-2020, Stadion San Siro hanya akan dipakai Inter Milan di Liga Champions Eropa. Sedangkan AC Milan batal tampil di Liga Europa karena terjerat masalah Financial Fair Play (FFP).

Sumber: Football-Italia

Komentar

Embed Widget
x