Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 23:06 WIB

FIFA Tambah Sanksi Pelaku Rasisme di Sepakbola

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 12 Juli 2019 | 16:10 WIB
FIFA Tambah Sanksi Pelaku Rasisme di Sepakbola
(espn)

INILAHCOM, Jakarta - FIFA menambah hukuman bagi pelaku rasial dalam sepakbola. Tujuannya untuk memberantas masalah rasisme.

FIFA baru-baru ini merivisi isi kode disiplin terkait diskriminasi dan rasisme dalam pertandingan sepakbola. Pertama, FIFA memasukkan pelecehan terkait jenis kelamin masuk dalam pelanggaran diskriminasi.

Selain itu, FIFA juga menambah hukuman bagi pelaku rasial. Sebelumnya, individu baik pemain maupun ofisial tim yang terbukti melakukan aksi berbau rasis dikenai sanksi larangan tampil lima pertandingan.

Sedangkan dalam aturan baru yang ditetapkan, pelaku rasial bisa disanksi minimal 10 pertandingan atau dua kali lebih banyak.

FIFA juga akan memberikan kesempatan kepada korban rasialisme dalam sidang dengar pendapat untuk memberikan keterangannya.

Aturan lainnya juga memuat sanksi bagi klub atau negara yang terbuktik ada aksi rasialisme dalam pertandingan yang dilakoninya, sanksi yang dijatuhkan berupa penutupan beberapa area stadion serta denda 20 ribu Swiss Franc (284,7 jutua Rupiah).

Revisi kode disiplin tersebut merupakan buah kerjasama dengan Fare, kelompok pemantau masalah diskriminasi.

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x