Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 13:57 WIB

Piala AFF U-18 2019

Indonesia Belum Pikirkan Calon Lawan di Semifinal

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 11 Agustus 2019 | 14:05 WIB
Indonesia Belum Pikirkan Calon Lawan di Semifinal
Fakhri Husaini - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Ho Chi Minh City - Timnas Indonesia U-18 berpeluang besar lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Fakhri Husaini tak mau terlalu jauh memikirkan siapa calon lawan di babak empat besar, ia ingin fokus menyelesaikan fase grup dengan baik.

Indonesia U-18 meraih kemenangan ketiga di fase grup, kali ini Garuda Muda melibas Brunei Darussalam 6-1 di Stadion Binh Duong, Sabtu (10/8/2019) sore kemarin. Hasil tersebut sementara menempatkan Indonesia di posisi teratas Grup A dengan nilai 9 dari tiga pertandingan.

David Maulana dkk unggul produktifitas gol (+9) dari Myanmar (+6) di urutan kedua dengan mengemas poin yang sama. Dengan menyisakan dua laga tersisa, Indoensia cuma butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci satu tempat di semifinal.

Ini dikarenakan empat negara lainnya di Grup A selisih poinnya terbilang cukup jauh dari Indonesia dan Myanmar. Hanya Timor Leste (3) dan Laos (3) yang sejauh ini sudah bisa meraih kemenangan, sementara Brunei dan Filipina sama sekali belum mampu meraih poin.

Bila mampu ke semifinal, Indonesia berpeluang jumpa negara-negara kuat dari Grup B. Sejauh ini, persaingan di sebelah cukup ketat. Empat negara masih punya peluang lolos sama besar, mereka antara lain Australia (6 poin), Malaysia (3 poin), Vietnam (3 poin), dan Kamboja (3 poin). Sejauh ini, Grup B baru memainkan dua dari lima pertandingan.

Fakhri Husaini belum mau terlalu jauh membahas soal siapa lawan di semifinal. Ia akan meminta timnya terlebih dulu fokus melewati fase grup dengan hasil terbaik.

"Untuk kedepan saya tetap akan fokus di tiap-tiap laga. Belum terpikirkan mau lawan siapa di semifinal," ujar Fakhri.

Indonesia akan jumpa Laos di matchday empat pada Senin (12/8/2019) lusa. Meskipun di atas kertas Garuda Muda lebih diunggulkan, Fakhri menegaskan pada pemainnya agar tidak kelewat percaya diri.

"Berkali-kali saya katakan, siapapun lawan kami, kami siap, dan respek kepada mereka. Saya fokus lebih dahulu dengan lawan-lawan kami di Grup A," pungkasnya.

Komentar

Embed Widget
x