Find and Follow Us

Minggu, 20 Oktober 2019 | 07:43 WIB

FIFA Tak Izinkan PSSI Majukan Pemilihan Ketum

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 12 Agustus 2019 | 15:08 WIB
FIFA Tak Izinkan PSSI Majukan Pemilihan Ketum
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rencana mempercepat Kongres Pemilihan Ketua Umum (Ketum) PSSI tak mendapat restu dari FIFA. Mereka menegaskan PSSI harus menjalankan rencana awal.

Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Ancol pada 27 Juli 2019 salah satunya adalah rencana memajukan pemilihan ketua umum baru PSSI ke tanggal 2 November 2019. Untuk menindaklanjuti rencana tersebut, PSSI kemudian berkirim surat kepada FIFA sebagai notifikasi.

Namun, rencana tersebut tidak akan terlaksana sebab FIFA tetap pada rencana awal menggelar kongres biasa beragendakan pemilihan ketum baru pada Januari 2020. Kepastian tersebut disampaikan FIFA dalam surat resminya kepada PSSI.

"Kami mencatat komite eksekutif PSSI menggelar pertemuan darurat pada 27 Juli 2019 dan memutuskan untuk mempercepat Kongres Pemilihan menjadi 2 November 2019. Sekarang, Anda meminta masukan dari kami terkait masalah ini."

"Kami sangat merekomendasikan agar PSSI tetap mengacu kepada rancangan yang sudah disepakati, dan menggelar kongres sesuai rencana pada Januari 2020, kecuali ada alasan yang membuat kongres harus digelar lebih cepat, dan itu tidak tercantum dalam surat Anda," demikian isi surat FIFA kepada PSSI.

Menyikapi surat dari FIFA, Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan menggelar rapat dalam waktu dekat guna mencari jalan terbaik yang tentunya tetap mengedepankan rekomendasi FIFA.

"Kami belum ambil sikap soal tanggapan FIFA itu. Kami akan menggelar rapat dahulu, setelah itu membalas surat FIFA. Tapi, kapan pasti rapatnya belum ditentutkan, yang pasti secepatnya," kata anggota Exco PSSI, Refrizal.

"Bagi saya pribadi, kongres kapan saja tidak masalah. Tapi yang saya harapkan sebagai insan sepakbola Indonesia, jangan sampai kepercayaan yang diberikan FIFA kepada PSSI bisa hancur lagi," ia melanjutkan.

Komentar

x