Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 14:03 WIB

Piala AFF U-18 2019

Dimbangi Myanmar, Indonesia Juara Grup A

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:55 WIB
Dimbangi Myanmar, Indonesia Juara Grup A
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-18 bermain imbang 1-1 dengan Myanmar U-18 pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-18 2019. Hasil tersebut memastikan Indonesia U-18 lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Pertandingan Timnas Indonesia U-18 melawan Myanmar U-18 berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (14/8/2019) sore WIB. Indonesia terlebih dulu mengancam gawang Myanmar, sundulan Bagus memanfaatkan umpan Fajar Fatur Rachman dari kanan masih melambung tinggi di atas gawang lawan.

Bagus kembali mendapat peluang kedua di menit delapan. Menerima bola di sisi kiri kotak penalti, Bagus mengecoh satu pemain Myanmar sebelum melepaskan tendangan kaki kiri, bola kirimannya masih bisa diredam Pyae Phyo Thu.

Indonesia kembali mengancam gawang Myanmar di menit ke-13, kali ini giliran sundulan Fajar yang masih melenceng tipis di atas gawang Myanmar.

Setelah itu, Garuda Nusantara punya peluang dari Beckham Putra dan Rendy Juliansyah masih belum membuahkan gol hingga babak pertama usai. Sedangkan Myanmar masih kesulitan mengembangkan permainan, alur bola mereka lebih sering terpotong di area tengah permainan Indonesia.

Di babak kedua, Myanmar langsung tancap gas sejak menit awal. Hasilnya, mereka bisa unggul terlebih dulu di menit ke-50. Pyae Phyo Aung mengirim umpan silang dari sayap kiri, bola tepat ke arah Hein Htet Aung yang berdiri tanpa pengawalan di kotak penalti Indonesia. Tanpa kesulitan, Hein menyontek bola ke gawang yang gagal diselamatkan kiper M. Adi Satriyo.

Dalam situasi tertinggal, Indonesia perlahan menaikkan intensitas serangan. Skuad asuhan Fakhri Husaini mampu menyamakan skor jadi 1-1 di menit ke-69. Berawal dari pelanggaran kepada Fajar di depan kotak penalti Myanmar, Rizky Ridho melepaskan tendangan bebas kencang yang bersarang di sisi kiri gawang Myanmar.

Semenit berselang, Indonesia hampir saja menyamakan skor. Berawal dari umpan panjang Salman Alfarid dari area permainan sendiri, bola mampu dikejar dan disundul Saddam Emiruddin, tapi bola masih menyamping dari gawang yang sudah kosong.

Mendekati akhir pertandingan, Myanmar sempat membahayakan gawang Indonesia. Sepakan bebas Saw Kyaw Ae ke sisi kiri bawah masih mengenai tiang gawang. Skor 1-1 tak berubah sampai laga usai.

Dengan hasil ini Indonesia memastikan diri sebagai juara Grup A dengan mengemas 13 poin dari lima pertandingan, unggul produktivitas gol dari Myanmar yang menyandang status runner-up grup.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi runner-up Grup B yaitu salah satu dari Malaysia, Australia atau Vietnam. Ketiganya baru akan melakoni laga penentuan pada Kamis (15/8).

Susunan Pemain

Myanmar U-18: Pyae Phyo Thu, Thet Hein Soe, Naung Naung Soe, Kaung Khant Kyaw, Moe Swe, Ye Min Kyaw, Khun Kyaw Zin Hein, Aww Bar Kha, La Min Hitwe (Saw Kyaw Ae 62'), Hein Htet Aung (Aung Ko Oo 77')

Indonesia U-18: Muhammad Adi Satriyo, Amiruddin Bagas, Muhammad Fajar, Muhammad Salman Alfarid (Sutan Zico 86'), Alfeandra Dewangga (Saddam Emiruddin 46'), Rizky Ridho, Beckham Putra, Khairul Imam, Rendy Juliansyah (David Maulana 46'), Brylian Negiehta, Amiruddin Bagus

Komentar

Embed Widget
x