Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 14:13 WIB

Simon Coret Rizky Pora dari Timnas Indonesia

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 15 Agustus 2019 | 12:01 WIB
Simon Coret Rizky Pora dari Timnas Indonesia
(Foto: pssi.org)

INILAHCOM, Jakarta - Simon McMenemy mengambil langkah tegas dengan mencoret Rizky Pora dari skuad Timnas Indonesia. Keputusan tersebut dibuat tak lebih dari 24 jam setelah pengumuman skuad timnas senior. Apa alasanya?

Sebelumnya, nama Rizky Pora masuk dalam 24 pemain yang dipersiapkan Simon untuk menghadapi pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, perilakunya pada laga PSM Makassar kontra Barito Putra pada lanjutan pertandingan Liga 1 2019, Rabu (14/8/2019) malam kemarin, membuat Simon berubah pikiran.

Pada pertandingan yang dimenangkan PSM dengan skor 2-1, Rizky Pora terlibat keributan dengan pemain PSM. Perilaku inilah yang jadi alasan Simon harus mencoret pemain 29 tahun.

"Kami mengharapkan tingkat disiplin tertinggi dari para pemain tim Nasional. Ini telah dibahas beberapa kali dan para pemain telah diingatkan bahwa mereka adalah representasi dari seluruh pemain Indonesia. Para pemain tim Nasional adalah contoh bagi semua, Ini prinsip dan saya tidak main-main dengan hal ini," jelas Simon seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (15/8/2019) pagi.

Simon menyebut sikap yang diperlihatkan Rizky pada laga melawan PSM jelas bukan perilaku pemain yang memahami sepenuhnya tanggung jawab.

"Pemain harus memahami tanggung jawab yang datang dengan mewakili negara yang begitu bersemangat dan bangga," ia melanjutkan.

Sebagai penggati Rizky Pora, Simon memanggil winger Persib Bandung, Febri Hariyadi. Ia dinilai memiliki pengetahuan taktik dan formasi yang baik. Febri sudah tak asing dengan skuad timnas Indonesia, ia beberapa kali pernah jadi bagian skuad Garuda di level Asia maupun dunia.

"Poinnya, kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan. Tentu kami berharap seorang pemain juga memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga mampu bermain dalam formasi yang berbeda dan juga posisi yang berbeda," pungkasnya.

Tim Nasional Indonesia akan mengawali perjalanan di kualifikasi Piala Dunia dengan melawan Malaysia pada tanggal 5 September 2019 dan Thailand pada tanggal 10 September 2019. Dua laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Komentar

Embed Widget
x