Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:49 WIB

Hasil Penelitian: Messi Lebih Baik dari Ronaldo

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 22 Agustus 2019 | 10:09 WIB
Hasil Penelitian: Messi Lebih Baik dari Ronaldo
Messi dan Ronaldo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mana yang terbaik, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Pertanyaan tersebut selalu jadi perdebatan. Baru-baru ini, sekelompok peneliti mendapat jawabannya berdasarkan hasil penelitian.

Messi dan Ronaldo merupakan dua pemain terbaik dunia dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Bukan cuma punya catatan impresif di level klub, keduanya juga bersaing dalam raihan gelar individu.

Mereka sama-sama sudah mengoleksi lima gelar Ballon d'Or sebelum dominasinya diputus Luka Modric tahun lalu.

Silang pendapat kerap menghiasi perbincangan antar fans. Ada yang menganggap Ronaldo lebih baik dari Messi karena pernah membawa timnas Portugal meraih trofi major, Piala Eropa 2016. Namun, tak sedikit yang menilai Messi berada di atas Ronaldo bila berkaca pada prestasinya bersama Barcelona.

Guna menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, sekelompok peneliti dari Institut Pendidikan dan Penelitian Universitas Katolik Leuven di Belgia melakukan penelitian pada performa Messi dan Ronaldo dalam rentang lima tahun terakhir. Hasilnya, Messi adalah yang terbaik.

Dalam penelitian tersebut, bukan cuma jumlah gol dan assists yang jadi variabel penilaian. Aspek kontribusi dalam permainan seperti kuantitas menyentuh bola, tembakan, umpan dan jumlah tekel juga dijadikan variabel ukuran penilaian.

"Nilai pesepakbola sering ditentukan oleh gol dan assist. Gol adalah momen yang jarang, karena ada rata-rata 1.600 aksi yang diperkirakan terjadi dalam setiap pertandingan," jelas Profesor Jesse Davis, salah satu peneliti.

Perhitungan nilai dilakukan dengan metode Valuing Actions by Estimating Probalities (VAEP) yaitu untuk menentukan seberapa banyak pemain terlibat dalam sebuah pertandingan agar mendapat gambaran yang lebih lengkap.

Hasil yang didapat, Messi punya skor VAEP 1,21 per laga, lebih tinggi dari Ronaldo yang mendapat nilai 0,61.

Dalam proses perhitungan skor VAEP, nilai Messi dan Ronaldo sempat berdekatan di musim 2014-15, akan tetapi sejak musim 2015-16 nilai Messi mulai menjauh dari Ronaldo.

"Kami melihat keseimbangan pada sebagian besar pemain sepakbola, apakah mereka melakukan banyak tindakan dengan nilai yang kurang tinggi, apa yang terjadi pada Paul Pogba misalnya," demikian penjelasan salah anggota tim peneliti, Tom Decroos.

"Atau Anda punya pemain yang cenderung menendang bola, tetapi yang memiliki dampak besar, itu tipikal penyerang seperti Harry Kane, Mohamed Salah dan Ronaldo."

"Messi luar biasa di bidang ini, pemain Argentina ini memiliki jumlah aksi yang sangat tinggi dan mereka juga memiliki nilai yang tinggi," pungkas Decroos yang merupakan mahasiswa tingkat doktoral.

Sumber: Standard

Komentar

Embed Widget
x