Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 11:52 WIB

Persebaya Tetap Latihan Diselimuti Kabut Asap

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 13 September 2019 | 11:08 WIB
Persebaya Tetap Latihan Diselimuti Kabut Asap
(Foto: persebaya)
facebook twitter

INILAHCOM, Palangkaraya - Skuad Persebaya Surabaya tiba di Palangkaraya disambut kabut asap. Begitupun saat berlatih, namun demikian pemain tidak merasa terlalu terganggu dengan kondisi tersebut.

Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tengah menyelimuti Kota Palangkaraya sejak Agustus kemarin. Skuad Persebaya langsung mengenakan masker setibanya di Banda Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Rabu (11/9/2019) kemarin.

Situasi serupa juga dialami saat menjalani sesi latihan resmi di stadion, Kamis (12/9/2019) pagi kemarin. Meski jarak pandang relatif baik, namun kabut asap diperkirakan dapat mengganggu pernapasan para pemain.

Menyikapi situasi tersebut, Asisten Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, menyebut skuadnya tidak terpengaruh. Buktinya, Ruben Sanadi dkk saat latihan tidak mennggunakan masker.

"Kondisi cuaca memang seperti ini. Tetapi pemain Persebaya tidak terpengaruh sama sekali. Kami sudah tahu harus bagaimana," kata Wolfgang.

Hal senada diungkapkan winger Persebaya, Osvaldo Haay. Ia mengaku tidak terganggu dengan kabut asap. Oleh karena itu, para pemain memutuskan tidak memakai masker saat latihan.

"Kalau soal asap, tidak ada masalah. Tapi apapun keadaaannya, kami akan tetap maju untuk laga besok," kata penggawa Timnas Indonesia.

Dokter Tim Persebaya, Pratama Wicaksana Wijaya, menjelaskan kondisi polusi udara dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Namun, persiapan menghadapi Kalteng Putra harus tetap berjalan.

"Terganggu iya, tapi tadi pagi masih latihan dan mereka (pemain) profesional," ujar dokter yang akrab disapa Tommy.

"Sekarang memang bisa memakai masker, namun tidak ada yang bisa dilakukan bila sudah pertandingan. Selain itu, pemain perlu jaga asupan cairan dalam tubuh dan konsumsi makanan sehat," ia memungkasi.

Sumber: Persebaya

Komentar

x