Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 11:29 WIB

Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

Bima Sakti Marah Indonesia Kebobolan Satu Gol

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 19 September 2019 | 03:01 WIB
Bima Sakti Marah Indonesia Kebobolan Satu Gol
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 berpesta gol ke gawang Timnas Kepulauan Mariana Utara 15-1 pada matchday dua Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Namun demikian, Bima Sakti tidak terlalu puas dengan hasil tersebut, ia malah kecewa. Apa alasannya?

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2019) malam WIB, Indonesia tampil dominan sepanjang laga. Ini terlihat dari penguasaan bola 80 persen berbanding 20 persen. Melihat tim lawan cuma sesekali melakukan serangan balik, Indonesia harusnya bisa menyelesaikan laga tanpa kemasukan gol.

Namun, faktanya tidak demikian. Saat sudah unggul 6-0 sampai 45 menit waktu normal di babak pertama, Indonesia malah lengah dan kecolongan satu gol yang dicetak Jim Kurt Maniago pada menit ke-45+1. Pemain bernomor punggung 7 itu melakukannya dengan melambungkan bola dari jarak 15 meter melewati kiper yang terlalu jauh meninggalkan gawang.

Di babak kedua, Indonesia mencetak 9 gol tambahan yang menjadikan keunggulan 15-1 hingga laga usai. Marselino Ferdinan menyumbang lima gol, Athallah empat gol, Ruy dan Wahyu Pratama masing-masing dua gol serta Daffa dan Mikael yang masing-masing mencetak satu gol.

Usai laga, Bima Sakti mengkritik pemainnya yang kehilangan fokus dalam bertahan saat mendapat serangan balik dari lawan.

"Saya terima kasih kepada semua pemain. Namun, saya sempat marah kepada pemain karena kami kebobolan pada laga tadi," kata Bima dalam jumpa pers.

"Saya mengingatkan kepada pemain, boleh menyerang, tapi jangan lupa bertahan," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Bima kembali mengingatkan pada anak asuhnya agar tidak mengulangi kesalahan serupa di dua laga berikutnya. Ia tidak ingin sedikit kelengahan di barisan bertahan bisa berakibat fatal.

"Saya mengingatkan kepada pemain, boleh menyerang, tapi jangan lupa bertahan," ia memungkasi.

Dengan hasil tersebut Indonesia U-16 sementara memimpin klasemen Grup G dengan mengemas nilai 6 hasil dari dua kemenangan, Garuda Muda unggul produktifitas gol (+18) dari Cina U-16 di urutan dua (+13). Di pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Jumat (20/9).

Komentar

x