Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 11:44 WIB

Sebuah Kemunduran Ansu Fati Main di Timnas Spanyol

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 22 September 2019 | 13:04 WIB
Sebuah Kemunduran Ansu Fati Main di Timnas Spanyol
(espn)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Ernesto Valverde kurang setuju dengan rencana Timnas Spanyol U-17 memakai jasa Ansu Fati pada ajang Piala Dunia U-17 bulan depan. Apa alasannya?

Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) tengah mengupayakan Fati bisa mendapatkan kewarganegaraan Spanyol dalam waktu dekat agar bisa didaftarkan dalam skuad Timnas Spanyol U-17 berlaga di Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 26 Oktober hingga 17 November mendatang.

Pelatih Timnas Spanyol U-17, David Gordo, tertarik memakai jasa pemain 16 tahun setelah melihat performa apik bersama skuad utama Barcelona. Fati sudah memainkan laga debut di tim senior Blaugrana baik di LaLiga maupun Liga Champions Eropa.

Di LaLiga, Fati mampu mencetak dua gol serta satu assists dari tiga pertandingan. Saat Barca ditahan imbang 0-0 oleh Borussia Dortmund pada matchday pertama Liga Champions Eropa, pemain jebolan akademi La Masia turun sebagai starter untuk pertama kalinya.

Bila Fati jadi memperkuat Timnas Spanyol U-17 maka Barcelona akan kehilangan pemain muda potensialnya itu kira-kira selama lima pekan dengan catatan Spanyol mampu melaju hingga laga final.

Valverde kurang setuju dengan rencana tersebut, alasannya Fati masih butuh ruang berkembang di tim dan menghadapi persaingan di level senior. Pelatih 55 tahun mengkhawatirkan Fati akan kehilangan momentum saat kembali ke klub setelah membela timnas kelompok umur.

"Dia masih belum dipanggil (Timnas Spanyol U-17), jadi kami harus lihat apa yang terjadi. Tetapi, ini akan jadi sebuah kemunduran karena ia adalah pemain yang baru saja bergabung dengan tim utama dan kami tidak tahu apa yang akan terjadi selama ajang tersebut berlangsung (Oktober dan November)," ujar Valverde.

"Jika harus terjadi sekarang, itu akan jadi kemunduran besar. Tetapi kami akan mempersiapkan kemungkinan sampai skuad final (Spanyol U-17) diumumkan," ia memungkasi.

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x