Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 03:40 WIB

Tiga Calon Ketum PSSI Tak Lolos Verifikasi

Oleh : Reza Adi Surya | Jumat, 11 Oktober 2019 | 14:00 WIB
Tiga Calon Ketum PSSI Tak Lolos Verifikasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dari 11 nama calon ketua umum PSSI, hanya delapan yang lolos verifikasi. Tiga nama lain dinyatakan tidak lolos verifikasi tapi boleh melakukan banding ke Komite Banding Pemilihan (KBP).

Sebelumnya Komite Pemilihan PSSI (KP PSSI) menerima berkas pendaftaran 11 bakal calon ketua umum. Selain itu juga 20 nama bakal calon wakil ketua umum dan 91 nama bakal calon anggota Komite Eksekutif PSSI 20192023.

Kini nama-namanya mengerucut setelah melalui tahap pemeriksaan dan verikasi oleh KP, Komite Disiplin dan PSSI terkait seluruh dokumen yang diterima. Kedelapan nama calon ketua umum yang lolos yakni Aven Hinelo, Vijaya Fitriyasa, Bernhard Limbong, Fary Djemy Francis, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, La Nyalla Mattalitti, dan Beny Erwin.

Sedangkan tiga nama yang tidak lolos adalah Arif Putra Wicaksono, Sarman, dan Yesayas Oktavianus. Ketiga bakal calon diizinkan melakukan banding.

Sementara itu, sebanyak 13 nama dari 21 pendaftar yang lolos sebagai calon wakil ketua umum. Mereka adalah Aven Hinelo, Beny Erwin, Cucu Sumantri, Jamal Aziz, Doli Sinomba Siregar, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Hinca Panjaitan, Iwan Budianto, Kusnaeni, Tri Goestoro, Vijaya Fitriyasa, dan Jackson Kumaat.

Sebanyak enam nama lain diputuskan Komite Pemilihan PSSI tidak lolos dan tidak boleh banding. Mereka adalah Ahmad Riyadh, Augie Benyamin, Budi Setiawan, Gusti Randa, Sally Atyasasmi, dan Wardy Ashari Siagian. Sedangkan Doni Setiabudi dan Yesayas disebut tidak lolos tapi diizinkan untuk melakukan banding.

Sedangkan untuk anggota Exco PSSI, dari 91 nama yang masuk, 70 di antaranya lolos. Sebanyak 20 tidak mendapat hak untuk mengajukan banding serta satu nama yang tidak lolos tapi boleh banding.

"Yang tidak lolos ada yang pencalonannya tidak dikonfirmasi, didukung tapi tidak bersedia memberikan formulir A1 dan A2 dan tidak bersedia memenuhi persyaratan. Mereka yang tidak lolos tapi boleh banding hanya kekurangan administrasi," ujar Ketua Komite Pemilihan, Syarif Bastaman.

"Dan umumnya yang tidak lolos karena masa kerjanya di PSSI. Kami tidak mau kompromi terhadap statuta. Kami bekerja secara sistematis dan objektif. Kami harus mempersiapkan calon untuk menjaring Ketua Umum yang bisa membawa PSSI ke jenjang yang lebih baik, bukan balik lagi ke awal. Keputusan berikutnya ada di tangan voters," tambahnya.

"PSSI mencari orang, dan membutuhkan orang yang sesuai dengan statuta. Memiliki kemampuan visi dan misi untuk membawa PSSI lebih baik. Kami tidak main-main dengan statuta. Itu menjadi pedoman cara kerja kami, memeriksa formulir dukungan dari anggota PSSI," tandasnya.

Tahap berikutnya, mereka diberikan waktu untuk banding. Tanggal 19 Oktober 2019 akan keluar SK daftar tetap calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Exco. Lalu nanti ada kampanye, dan debat.

Calon Ketum PSSI Lolos

1. Afen Hinelo
2. Benhard Limbong
3. Benny Erwin
4. Fary Djemi Francis
5. La Nyalla Mattalitti
6. Rahim Soekasah
7. Mochamad Iriawan
8. Vijaya Fitriyasa

Tidak Lolos dan Boleh Banding

1. Arif Putra Wicaksono
2. Yesayas Oktavianus
3. Sarman El Hakim

Calon Waketum PSSI Lolos

1. Afen Hinelo
2. Benny Erwin
3. Cucu Somantri
4. Jamal Aziz
5. Doli Sinomba
6. Esti Puji Lestari
7. Hasnuryadi Sulaiman
8. Hinca Panjaitan
9. Iwan Budianto
10. Jackson William Kumaat
11. M. Kusnaeni
12. Tri Goestoro
13. Vijaya Fitriyasa

Tidak Lolos dan Boleh Banding

1. Doni Setiabudi
2. Yesayas Oktavianus

Tidak Lolos dan Tidak Boleh Banding

1. Ahmad Riyadh
2. Augie Benyamin
3. Budi Setiawan
4. Gusti Randa
5. Sally Atyasasmi
6. Wardy Ashari

Komentar

Embed Widget
x