Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 05:22 WIB

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Portugal Telan Kekalahan 1-2 dari Ukraina

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 15 Oktober 2019 | 06:45 WIB
Portugal Telan Kekalahan 1-2 dari Ukraina
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Kiev - Portugal menelan kekalahan 1-2 dalam lawatannya ke Ukraina pada lanjutan pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Pertandingan Ukraina melawan Portugal berlangsung di Olympiyskiy Stadium Kiev, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. Portugal langsung tancap gas sejak menit pertama memperoleh peluang pada menit keempat, sepakan bebas Cristiano Ronaldo masih mengenai badan Danilo dan bola melebar.

Dua menit berselang, Ukraina malah unggul lewat peluang pertama yang didapat Roman Yaremchuk. Berawal dari sepakan bebas Marlos, bola disundul Sergey Krivstov dan bisa ditepis Rui Patricio. Bola rebound dengan cepat disambar oleh Yaremchuk jadi gol.

Tertinggal satu gol, Portugal menaikkan intensitas serangan guna memburu gol penyeimbang. Namun, Selecao das Quinas kesulitan membuat peluang bersih.

Alih-alih mencetak gol penyeimbang, gawang Portugal malah kemasukan gol kedua Ukraina pada menit ke-27. Dari sisi kiri, Vitali Mykolenko melewati adangan pemain Portugal dan melepaskan crossing yang mengarah ke kotak penalti. Yarmolenko lolos dari pengawasan dua bek tim tamu dan mudah saja menyontek bola ke gawang Patricio. Ukraina unggul 2-0 atas Portugal.

Dua menit berselang, Portugal mencoba membalas tapi bola sepakan Joao Mario bisa ditepis oleh kiper Andriy Pyatov yang sepanjang laga babak pertama nyari tak membuat banyak penyelamatan. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Paruh kedua dimulai, Portugal berusaha mencari gol di menit-menit awal. Sepakan Ronaldo pada menit ke-53 masih bisa ditepis Pyatov.

Sundulan Bruno Fernandes pada menit ke-67 meneruskan umpan silang Bernardo Silva masih melayang di atas mistar gawang Ukraina.

Tim tamu akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-72 lewat titik penalti. Wasit Anthony Taylor memberikan tendangan 12 pas usai Taras Stepanenko kedepatan melakukan handball saat berupaya menghalangi sepakan Bruma.

Stepanenko harus keluar lapangan karena menerima kartu kuning keduanya. Ronaldo sebagai eksekutor sukses mengecoh Pyatov untuk mencetak gol ke-700 selama kariernya.

Ronaldo hampir saja mencetak gol penyeimbang pada menit ke-75, lolos dari jebakan offside ia menyontek bola tapi Pyatov masih bisa menepisnya di tiang dekat. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai, hasil tersebut meloloskan Ukraina ke putaran final Piala Eropa 2020.

Portugal masih harus bersabar untuk memastikan kelolosannya, tim asuhan Fernando Santos itu tertahan di posisi kedua klasemen dengan 11 poin, hanya unggul satu poin dari Serbia di posisi ketiga klasemen.

Susunan pemain

Ukraina: Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivstov, Mykola Matvyenko, Vitali Mykolenko (Igor Plastun 94'); Taras Stepaneko, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos Bonfim (Yevhen Konoplyanka 63'); Roman Yaremchuk (Viktor Kovalenko 73').

Portugal: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Bruno Fernandes 56'), Danilo Pereira, Joao Mario (Bruma 68'); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Joao Felix 46').

Komentar

Embed Widget
x