Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 05:21 WIB

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Imbangi Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 16 Oktober 2019 | 06:17 WIB
Imbangi Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020
(Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Stockholm - Spanyol harus bersusah payah mengamankan satu poin dalam lawatan mereka ke Swedia. Hasil imbang cukup mengantarkan Spanyol lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Laga Swedia versus Spanyol berlangsung di Friends Arena, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB. La Furia Rojas mengambil start cepat dengan permainan agresif. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Thiago Alcantara mengecoh dua pemain Swedia untuk masuk ke area penalti. Sayang, bola terlepas dari kakinya saat berusaha mengecoh kiper Robin Olsen.

Empat menit berselang giliran Rodri yang mengancam gawang Swedia dengan sepakan voli memanfaatkan kemelut di area penalti Swedia. Namun bola kirimannya masih bisa ditepis Olsen.

Olsen kembali menggagalkan peluang Spanyol pada menit ke-21, kali ini ia mengamankan bola sundulan Gerard Moreno.

Swedia baru bisa mengendalikan situasi selepas menit ke-30. Peluang pertama tuan rumah hadir pada menit ke-32. Umpan Mikael Lustig dari sisi kanan mampu disambut sundulan kepada oleh Robin Quasion. David De Gea melakukan penyelematan brilian menepis bola dengan satu tangan. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, tuan rumah mampu unggul terlebih dulu pada menit ke-50. Marcus Berg mencetak gol memanfaatkan bola muntah sambaran Emil Forsberg. Skor 1-0 untuk Swedia.

Pada menit ke-62, Spanyol harus kehilangan De Gea yang mengalami cedera. Ia digantikan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Tertinggal 0-1 Spanyol menaikkan intensitas serangan untuk menyamakan skor. Pada menit ke-73, Mikel Oyarzabal hampir saja mencetak gol. Meneruskan umpan tumit Rodri, sepakan pemain Real Sociedad itu dengan cepat ditutup oleh kiper Olsen.

La Furia Rojas terhindar dari kekalahan setelah Rodrigo mencetak gol penyeimbang kedudukan mendekati akhir laga. Rodrigo membelokkan sepakan Brian Ruiz tepat di depan kiper Olsen. Skor 1-1 menutup laga.

Dengan hasil ini Spanyol memastikan melaju ke putaran final Piala Eropa 2020. Mereka belum tergesar dari puncak klasemen Grup F dengan mengemas 20 poin. Sedangkan Swedia di urutan dua dengan 15 poin, dua laga sisa akan menentukan nasib tim asuhan Janne Andersson.

Susunan Pemain

Swedia: Robin Olsen; Pierre Bengtsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Mikael Lustig; Emil Forsberg, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal (Gustav Svensson 83'), Sebastian Larsson; Robin Quaison (Alexander Isak 78'), Marcus Berg.

Spanyol: David de Gea (Kepa Arrizabalaga 60'); Juan Bernat, Inigo Martinez, Raul Albiol, Dani Carvajal (Jesus Navas 81'); Thiago Alcantara (Rodrigo 66'), Rodri, Fabian Ruiz; Dani Ceballos, Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal.

Komentar

Embed Widget
x