Find and Follow Us

Sabtu, 23 November 2019 | 09:58 WIB

Koeman Punya Klausul untuk Melatih Barcelona

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 21 Oktober 2019 | 20:02 WIB
Koeman Punya Klausul untuk Melatih Barcelona
Ronald Koeman - (Foto: GettyImages)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ronald Koeman sedang menjalani tugasnya sebagai pelatih Timnas Belanda. Namun, ada kesepakatan yang memberinya kesempatan melatih Barcelona di masa mendatang.

Koeman dipercaya menangani Timnas Belanda sejak Februari 2018, ia menggantikan Dick Advocaat yang gagal mengantarkan De Oranje lolos ke Piala Dunia 2018 lalu.

Di bawah asuhan pelatih 56 tahun, Belanda mengalami perbaikan performa. Ini terlihat dari capaian mereka di UEFA Nations League 2019 yang menyandang status finalis. Tak sampai disitu, Koeman berpeluang besar mengantarkan Belanda lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Di babak kualifikasi, Belanda sementara masih memimpin klasemen Grup C dengan mengemas 15 poin, sama dengan yang dikemas Jerman di posisi dua. Hanya saja, Belanda unggul head-to-head.

Koeman yang masih punya kontrak dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) hingga Piala Dunia 2022, bisa saja meninggalkan Timnas Belanda jika ada permintaan dari Barcelona. Ini terungkap dari pengakuan Direktur KNVB, Nico-Jan Hoogma,

Dari penuturan Hoogma, KNVB menyetujui klausul yang isinya mengizinkan Koeman meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Belanda jika di waktu mendatang ada permintaan melatih dari Barcelona.

"Saya berharap kami bisa bekerja bersama untuk waktu yang lama, karena saya pikir ini akan berjalan dengan sangat baik," kata Hoogma kepada Fox Sports NL.

"Tetapi Ronaldo (Koeman) sudah lama mengindikasikan bahwa ia ingin melatih Barcelona suatu hari nanti."

"Kita lihat saja apa yang akan terjadi. Sukses bersama Timnas Oranje tentu saja akan membantunya, seperti setiap orang yang membantu kami."

"Tetapi, sekali lagi saya berharap ia bisa terus lanjut termasuk ke Piala Dunia di Qatar," pungkasnya.

Saat masih jadi pemain, Koeman pernah menghadirkan gelar Piala Eropa (Liga Champions) untuk pertama kalinya bagi Barca pada 1991092. Setelah itu, ia juga sukses mempersembahkan trofi Piala Super Eropa 1992.

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x