Find and Follow Us

Selasa, 10 Desember 2019 | 02:09 WIB

Target PSSI untuk Pelatih Baru Timnas Indonesia

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 12 November 2019 | 08:01 WIB
Target PSSI untuk Pelatih Baru Timnas Indonesia
Sekjen PSSI, Ratu Tisha - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PSSI akan mencari pelatih baru pengganti Simon McMenemy. Nantinya, pelatih baru tersebut bisa memenuhi target dari federasi. Apa targetnya?

PSSI resmi memecat Simon McMenemy dari kursi pelatih timnas Indoensia senior. Simon akan menjalani laga terakhir saat bertamu ke Malaysia pada matchday lima Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemecatan Simon menyusul serangkaian hasil buruk Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda selalu kalah dari empat laga yang sudah dimainkan di Grup G, dengan hasil tersebut Indonesia hampir dipastikan gagal tampil ke Piala Dunia 2022.

Tiga laga tersisa sudah tidak menentukan lagi bagi Indonesia melaju ke Qatar 2022. Namun demikian, federasi tetap menuntut pelatih baru nanti bisa meraih hasil bagus.

"Timnas Indonesia harus berbenah karena itu akan memengaruhi performa, tak boleh santai saat kalender FIFA matchday pada 2020 dan 2021," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

"Nanti saat pelatih baru datang, sisa tiga laga. Pertandingan selanjutnya itu Maret dan Juni 2020. Itu bertepatan dengan FIFA Matchday, jadi harus siap," ia menambahkan.

Meski sudah dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia masih punya target lain yaitu lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Sebagai informasi, hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga dipakai untuk menentukan kelolosan ke Piala Asia 2023.

Indonesia berhak mengikuti babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 jika berhasil menempati peringkat empat Grup G.

Saat ini, Indonesia berada di urutan kelima atau dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia yang tidak memiliki poin kini berjarak tiga angka dari Malaysia di urutan keempat.

Ada dua nama kandidat pelatih Timnas Indonesia yaitu Luis Milla serta Shin Tae-Yong. Milla pernah membawa Timnas Indonesia U-23 melaju hingga perempatfinal Asian Games 2018, sementara Tae-Yong pernah membawa Korsel tampil di Piala Dunia 2018.

Komentar

Embed Widget
x