Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 06:30 WIB

Dua Skema yang Bisa Loloskan Jerman ke EURO 2020

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 16 November 2019 | 15:01 WIB
Dua Skema yang Bisa Loloskan Jerman ke EURO 2020
(Foto: DFB)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jerman masih belum memastikan diri melaju ke Piala Eropa 2020 saat babak kualifikasi tinggal menyisakan dua laga. Bagaimana skema Tim Panser untuk meraih tiket ke Euro 2020?

Jerman berada di Grup C bersama Belanda, Irlandia Utara, Belarusia dan Estonia. Langkah Der Panser terbilang tak mudah, pasalnya mereka mendapat tekanan ketat dari Belanda dan Irlandia Utara.

Dari enam pertandingan yang sudah dimainkan, Jerman mengemas nilai 15 hasil dari lima kali menang dan sekali kalah. Mereka berada di bawah Belanda di posisi teratas yang unggul head-to-head.

Posisi Tim Panser juga terbilan belum aman, mereka cuma berjarak tiga angka dari Irlandia Utara yang berada di posisi tiga. Melihat ketatnya persaingan ketiga tim, dua laga terakhir akan sangat krusial bagi Jerman dan dua pesaing lainnya. Lalu, bagaimana skema Jerman bisa lolos ke putaran final Piala Eropa 2020?

Pada dua laga sisa, Jerman akan menjamu Belarusia pada Minggu (18/11) serta Irlandia Utara pada Rabu (20/11/2019). Bila melihat kualitas serta statistik dua negara tersebut, Irlandia Utara bakal jadi lawan tangguh.

Namun, kelolosan Jerman juga akan sangat bergantung pada hasil akhir yang diraih Belanda. Tim Oranje akan memainkan dua laga pamungkas masing-masing menghadapi Irlandia Utara (tandang) pada Minggu (18/11) dan menjamu Estonia, Rabu (20/11/2019).

Ada dua skema yang bisa memastikan Jerman melaju ke EURO 2020, pertama mereka mengalahkan Belarusia sedangkan di laga lainnya Belanda tidak kalah dari Irlandia Utara.

Jika skema ini terjadi, maka Belanda dan Jerman akan sama-sama melaju ke putaran final dengan menyandang status juara dan runner-up grup. Sedangkan satu laga sisa tidak akan mempengaruhi klasemen akhir, dimana perolehan poin Irlandia Utara tidak akan mungkin mengejar Belanda dan Jerman.

Sementara skema kedua adalah Jerman bermain imbang dengan Belarusia dan Belanda mengalahkan Irlandia Utara. Bila hasilnya demikian, maka hampir dipastikan Belanda menjadi juara grup diikuti Jerman sebagai runner-up.

Walaupun di laga terakhir Jerman kalah atas Irlandia Utara, perolehan poin akhir Tim Panser masih akan unggul satu angka.

Sebagai tambahan informasi, juara dan runner-up dari 10 grup di babak kualifikasi berhak lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2020 yang digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli mendatang. Sedangkan empat tiket lainnya ditentukan lewat babak play-off yang berlangsung pada Maret 2020. Piala Eropa 2020 akan berlangsung di 12 kota berbeda di Eropa.

Sumber: DFB

Komentar

Embed Widget
x