Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 15:22 WIB

Prancis Tak Masuk Pot Unggulan di Euro 2020

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 21 November 2019 | 20:03 WIB
Prancis Tak Masuk Pot Unggulan di Euro 2020
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bucharest - UEFA sudah menentukan pembagian pot undian Piala Eropa 2020. Juara dunia 2018, Prancis, tidak masuk dalam pot unggulan, sedangkan Ukraina membuat kejutan dengan masuk di Pot 1.

Penentuan pot undian Piala Eropa 2020 sudah dilakukan di Bucharest, Rumania, Kamis (21/11/2019) waktu setempat. Dalam menentukan negara yang masuk dalam pot unggulan, dasar penilaiannya adalah performa sepanjang babak kualifikasi.

Ada empat pot undian yang masing-masing berisikan enam negara. Pot 1 dihuni oleh para juara masing-masing grup babak kualifikasi yaitu Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Ukraina. Prancis meskipun memuncaki Grup H tidak masuk dalam kategori unggulan sebab performa mereka dinilai masih kurang oke dibanding Ukraina.

Dengan jumlah pertandingan lebih sedikit (8 laga), Ukraina mampu mengakhiri kualifikasi sebagai juara Grup B mengungguli juara bertahan Piala Eropa, Portugal. Anak asuh Andriy Shevchenko mengukir enam kemenangan serta dua kali imbang. Hasil tersebut memaksa Portugal masuk di Pot 3.

Sementara Prancis yang memainkan laga lebih banyak (10) dari Ukraina membukukan catatan delapan menang, sekali imbang serta sekali kalah. Les Blues mengemas nilai akhir 25 mengungguli Turki sebagai runner-up Grup H.

Les Bleus masuk di Pot 2 bersama runner-up grup yaitu Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda dan Rusia. Selain Portugal, penghuni Pot 3 lainnya adalah Turki, Denmark, Austria, Swedia dan Republik Ceko.

Pot 4 baru diisi dua tim yaitu Wales dan Finlandia. Empat tim lainnya masih harus menunggu hasil play-off yang akan dimainkan pada 26 Maret dan 31 Maret 2020. Pengundian fase grup Piala Eropa 2020 akan berlangsung sehari setelah babak play-off rampung.

Piala Eropa 2020 akan berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020 di 12 kota berbeda di Benua Eropa.

Pembagian Pot Undian Piala Eropa 2020

Pot 1: Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina

Pot 2: Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia

Pot 3: Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Republik Ceko

Pot 4: Wales, Finlandia, empat negara pemenang play-off

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x