Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 21:03 WIB

Mustahil Zaman Kini Ikuti Jejak Wenger & Ferguson

Oleh : Reza Adi Surya | Minggu, 1 Desember 2019 | 10:00 WIB
Mustahil Zaman Kini Ikuti Jejak Wenger & Ferguson
(skysports)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Jose Mourinho mengatakan, di era modern saat ini, mustahil ada pelatih yang bisa melatih hingga dua tahun di satu klub seperti Arsene Wenger atau Sir Alex Ferguson.

Wenger adalah pelatih tersukses dalam sejarah Arsenal. Selama 22 tahun, dia membawa The Gunners memenangkan 17 trofi sebelum akhirnya mundur di 2017-2018.

Ferguson merupakan pelatih tersukses Manchester United dan di Liga Primer Inggris. Dia menukangi MU selama 26 tahun sebelum akhirnya pensiun di 2013. Sepanjang kariernya, dia memberikan 38 gelar untuk Setan Merah.

Di era modern ini, tak ada lagi pelatih yang bertaha lama di dalam satu klub. Wenger menjadi sosok terakhir yang bisa bertahan di satu klub selama lebih dari dua dekade.

"Dua puluh tahun di satu klub? Saya pikir hal itu sekarang mustahil. Zaman modern, teknologi baru, media sosial, saya pikir itu semua membawa dampak," ujar Mourinho, dikutip dari Sky Sports.

"Bahkan mentalitas seseorang, hubungan yang cepat, mudah lelah, banyak hal sudah berubah. Tidak hanya di sepak bola, tapi dunia berubah dan persepsi lainnya. Saya pikir Wenger adalah sosok terakhir yang bisa bertahan lebih dari 20 tahun," tambahnya.

Menurut Mourinho, posisi pelatih di era modern saat ini rentah akan pemecatan. Artinya, setiap saat posisi seorang pelatih selalu berada di bawah ancaman.

"Kami harus beradaptasi dan harus membuktikan kami sosok yang tepat untuk pekerjaan ini. Kami harus berjuang setiap hari demi pekerjaan kami. Bukan hanya di sepak bola, tapi semua hal yang Anda lakukan di klub dan saya pikir itu hal yang wajar," katanya.

Selama 19 tahun berkarier, Mourinho sudah melatih sembilan klub berbeda. Baru-baru ini, dia ditunjuk melatih Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino yang dipecat.

Komentar

Embed Widget
x