Find and Follow Us

Selasa, 28 Januari 2020 | 22:52 WIB

Setien Cuma Janjikan Barca Bermain Indah

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 15 Januari 2020 | 18:35 WIB
Setien Cuma Janjikan Barca Bermain Indah
(Foto: marca)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Quique Setien tak pernah menyangka jalan hidup akan membawanya ke Barcelona. Menangani klub bertabur pemain bintang, Setien tak mau menebar banyak janji.

Barca resmi memperkenalkan Setien sebagai pelatih baru, Selasa (14/1/2020) kemarin. Ia menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat beberap saat sebelumnya. Setien akan menangani Lionel Messi dkk sampai 2022 mendatang.

Penunjukkan Setien sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya. Nama pelatih 61 tahun sempat dikaitkan dengan Barca pada Januari 2019. Saat itu, muncul desas-desus manajemen Barca kurang puas dengan Valverde yang dianggap menghilangkan gaya permainan Barca, dan terlalu bergantung pada sosok Messi.

Dalam wawancara perdana dengan Barca TV, Setien mengaku kaget mendapat tawaran dari manajemen Barcelona untuk melatih. Situasinya saat itu, Setien sedang lowong setelah mundur dari Real Betis di akhir musim 2018-2019.

Walaupun belum pernah menangani tim besar Eropa, juru taktik asal Spanyol percaya diri menerima tawaran Los Blaugrana.

"Terima kasih pada klub (Barcelona), karena dalam mimpi terliar saya tak pernah membayangkan bisa berada di sini," ungkap Setien.

"Hari ini adalah hari spesial bagi saya dan saya bersyukur. Saya tertarik dengan proyek dan tantangan ini."

"Kemarin, saya sedang berjalan melihat sapi peliharaan saya di desa, sekarang saya melatih pemain-pemain terbaik di dunia."

"Tentu saja, saya tidak sampai lima menit untuk menerima tawaran ini. Saya terkejut saat mereka menelpon saya. Dan tidak pernah terpikir Barcelona akan memilih saya, karena saya tidak punya CV panjang," ia menambahkan.

Setien tahu benar ekspektasi seperti apa yang akan dihadapinya selama melatih Barca. Dia tak mau banyak mengumbar janji, melainkan berusaha mengembalikan permainan sepakbola indah yang sempat jadi ciri khas klub asal Katalunya.

"Apa yang saya punya adalah filosofi (sepakbola) yang saya cintai. Saya tidak begitu yakin itu saja akan cukup, tetapi saya bersyukur."

"Saat saya menangani sebuah tim saya bisa menjanjikan satu hal yang mana tim akan bermain indah," ia memungkasi.

Setelah Barcelona gagal di Piala Super Spanyol 2019-2020 di bawah asuhan Valverde, Setien punya tiga kesempatan mempersembahkan trofi di musim perdananya. Di LaLiga, Barca masih bersaing ketat dengan Real Madrid di klasemen atas, kemudian di Liga Champions Eropa Los Blaugrana melaju ke babak 16 besar begitu juga dengan Piala Raja Spanyol.

Sumber: Marca

Komentar

x